Dispora dan Disdik Riau Bakal Bentuk Sekolah Kejuruan Olahraga

Dispora dan Disdik Riau Bakal Bentuk Sekolah Kejuruan Olahraga
Kepala Dispora Riau, H. Boby Rachmat, S.STP, M.Si

PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau, melalui Dinas Pemuda dan Olahraga, serta Dinas Pendidikan Provinsi Riau, mulai menyusun rencana untuk menyatukan pembinaan olahraga pelajar yang ada di Dispora Riau, dan di Dinas Pendidikan. Dengan menjadikan SMA Olahraga menjadi Sekolah Kejuruan Olahraga (SKO) Riau.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, H. Boby Rachmat, S.STP, M.Si mengatakan, pihaknya telah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan, dalam penyatuan cabang olahraga yang dibina di PPLP Dispora Riau, dan cabang olahraga yang ada di SMA Olahraga Riau. Perlu ada kolaborasi antara kedua dinas untuk memberikan kemajuan olahraga, tingkat pelajar di Riau. 

“Kita ingin lebih mematangkan pola pembelajaran dan mematangkan pelatihan cabang olahraga ditingkat pelajar. Kita berharap pola pembinaan tingkat pelajar ini kan ada dua. Satu di SMA Olahraga satu di PPLP, sekarang kita mau mendorong satu saja Sekolah Kejuruan Olahraga (SKO) namanya, jadi itu semua di SKO itu nanti bergabung karena sistemnya sudah baus, pelajaran, pelatihan, disatukan semua,” ujar Boby Rachmat, Senin (19/1/2021).

“Tetapi dalam kolaborasinya saat ini, antara dinas pendidikan dengan Dispora sudah ada MoU nya, dalam arti bisa saja kita masuk ditahapan seleksi, tahapan lainnya setiap ada kejurnas tetap kita bawa dari SMA Olahraga. Kita bagaimana SMA Olahraga dan PPLP, bisa lebih kuat,” tambahnya.

Dijelaskan Boby, sejauh ini di PPLP Dispora Riau, terdapat 18 cabang olahraga, termasuk juga ada PPLP yang dibiayak oleh APBN ada 4 cabang olahraga. Di seluruh Indonesia hanya Riau yang memiliki 18 cabang olahraga di PPLP, untuk itu pihaknya ingin tetap mempertahankan PPLP dengan berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan.(mcr)

#Pendidikan

Index

Berita Lainnya

Index