Camat Bersama Sejumlah Tokoh Bangkitkan Karang Taruna di Batang Cenaku, Inhu

Camat Bersama Sejumlah Tokoh Bangkitkan Karang Taruna di Batang Cenaku, Inhu
Logo karang taruna
BATANG CENAKU –  Camat Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Basuki SKM tarik beberapa tokoh muda membahas kebangkitan Karang Taruna Kecamatan yang ia pimpin, Selasa (24/1) sekira pukul 13.00 WIB. Sejumlah tokoh muda tersebut diantaranya adalah Catur Umar Usman dan Budiyono asal desa Bukit Lipai, H. Andik Setiawan SPd.I dan Toha asal desa Kerubung Jaya.
 
Basuki terlihat tengah berdiskusi terkait seputar Karang Taruna Kecamatannya bersama empat tokoh muda tersebut di ruang kerjanya. Pokok pembahasannya adalah tentang struktur organisasi Karang Taruna Batang Cenaku yang ternyata belum memiliki kepengurusan, baik secara formal ataupun diketahui dengan sah.
 
Hingga demikian, Basuki bersama empat tokoh muda tersebut menentukan kepengurusan untuk sementara. Adapun kepengurusan Karang Taruna yang disepakati dalam pembahasan tersebut menentukan Catur Umar Usman bertindak selaku Ketua. Kemudian H. Andik Setiawan SPd.I yang juga diketahui sebagai Kepala Sekolah SMK-IT Al-Multazam bertindak selaku Bendahara. Selanjutnya, Toha yang juga dari desa Kerubung Jaya duduk sebagai Sekretaris II.
 
Kendati yang bersangkutan tidak hadir dalam obrolan tersebut, namun dalam catatan sementara, terdapat nama nama tokoh muda yang bakal di comot selaku pengurus Karang Taruna. 
 
Menurut Ketua sementara Karang Taruna, Catur Umar Usman saat dikonfirmasi wartawan menyebut sejumlah tokoh muda tersebut dianggap memiliki kompetensi dalam bidang terkait. ”Saya yakin mereka mau bersama sama membangun Karang Taruna kita dengan baik dan Pak Camat pun menyetujuinya,” ujar Catur.
 
Adapun sejumlah nama tokoh muda yang dimaksud adalah Adi Armijon asal desa Batu Papan bakal dicomot selaku wakil ketua dan Fery asal desa Kuala Kilan bakal didapuk sebagai Sekretaris I. Sementara Budiyono yang hadir dalam pembahasan tersebut, hanya memilih kedudukan sebagai seksi dokumentasi dan publikasi, ”Saya repot, tapi demi membangun kawula muda, biarlah saya duduk di bagian seksi saja,” dalihnya.
 
Tak hanya membentuk kepengurusan Karang Taruna sementara, dalam pembahasan bersama Camat tersebut juga merencanakan satu rapat besar pengukuhan pengurus Karang Taruna Batang Cenaku pada 31 Januari mendatang.
 
Menurut Camat Batang Cenaku, Basuki SKM saat dikonfirmasi mengatakan rapat besar tersebut nantinya bakal mengundang segenap pihak Karang Taruna desa se Batang Cenaku. Camat menyebutkan, hanya ada 2 Karang Taruna desa yang tidak aktif yakni desa Sipang dan Cenaku Kecil. Kendati demikian Basuki tetap akan memanggil pihak tersebut dengan harapan bisa memvalidasi organisasi Karang Taruna di desanya masing masing secara legal.
 
Seulas ungkapan juga tercetus dari sejumlah pihak yang hadir. Dari Camat sendiri menyebut upaya merekrut kawula muda se wilayah naungan juga bertujuan memperkuat barisan muda agar bisa berkreasi, berpartisipasi hingga nantinya diharap mampu berbakti pada agama, nusa, bangsa dan negara, sehingga dapat membentuk kekuatan positif hingga mampu berkontribusi membangun kemajuan wilayah, khususnya Batang Cenaku, umumnya Inhu, bahkan untuk negara Indonesia.
 
Senada disampaikan Bendahara sementara Karang Taruna, H.Andik Setiawan SPd.I menyebutkan upaya Camat bersama pihak yang hadir dinilai sangat tepat dilakukan pada saat situasi sangat membutuhkan pola fikir pemuda yang kompeten membalut bangsa dengan sikap bersatu. ”Kita sangat butuh tenaga dan fikiran mereka dalam situasi apapun demi wilayah ini aman tertib dan maju tentunya,” tutup Andik. (ckc)

Berita Lainnya

Index