Guru dan Kamad MTs Al Ihsan, Antusias Ikuti Bimtek Pembelajaran Secara Virtual

Guru dan Kamad MTs Al Ihsan, Antusias Ikuti Bimtek Pembelajaran Secara Virtual

INHU - Kepala Madrasah Tsanawiyah (MTs) Al Ihsan Buluh Rampai dan sejumlah majelis guru bahasa Arab mengikuti bimtek guru mata pelajaran Bahasa Arab jenjang MTs zona Sumatera dan DKI Jakarta bertempat di ruangan rapat MTs Al Ihsan, Senin (09/11/2020).

Kegiatan tersebut terkait dengan telah diterbitkannya oleh Kementerian Agama (Kemenag)  Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 183 Tahun 2019 dan KMA Nomor 184 Tahun 2019. KMA No 183 tentang Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Bahasa Arab pada madrasah. Sedangkan KMA No 184 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum pada Madrasah. Kedua KMA diterapkan serentak mulai Tahun Pelajaran 2020/2021.

Oleh karena itu, Kemenag mulai mensosialisasikan ke seluruh guru di lingkungan madrasah dalam bentuk Bimbingan Teknis (Bimtek) dibagi dalam zona wilayah tertentu, hal tersebut diungkap Kamad MTs Al Ihsan Buluh Rampai, H. Syamsuddin disela kegiatan bimtek.

"Hari ini bimtek untuk guru Mapel Bahasa Arab jenjang MTs, dan merupakan bimtek hari yang kelima. Besok (hari ini red) merupakan hari terakhir kegiatan bimtek secara daring ini," ujar Syamsudin.

Syamsudin juga mengatakan, tujuan kita mengikuti bimtek itu sendiri agar mendapatkan informasi secara seragam dan terbaru terkait implementasi KMA No 183 dan KMA No 184.

"Setiap ada peraturan baru, dibutuhkan sosialisasi agar kedepannya dapat menjadi acuan dan diterapkan. Demikian pula dengan keputusan Menteri Agama Nomor 183 dan 184 Tahun 2019 mengenai implementasi kurikulum madrasah,"ujarnya lagi. 

Dijelaskan, untuk hari Senin dan Selasa tanggal 9 dan 10 November 2020, diwilayah 3 kecamatan yaitu Kecamatan Seberida, Batang Cenaku dan Kecamatan Batang Gansal ada 8 MTs yang mengikuti bimtek secara virtualisasi.

"Di Kecamatan Seberida ada MTs Al Ihsan, MTs Al Islam, MTs Ponpes Moderen Syamsuddin dan MTs Nurul Islam. Kecamatan Batang Cenaku MTs Al Multazam dan MTs Al Husin, sedangkan di Kecamatan Batang Gansal ada MTs Al Furqon dan MTs Adzqia," tutupnya. (surya) 

Berita Lainnya

Index