Lima Manfaat Rutin Minum Air Hangat di Pagi Hari

Lima Manfaat Rutin Minum Air Hangat di Pagi Hari
Minum air putih (Foto: iStock)

RiauKarya.com  - Minum air putih sangat dianjurkan karena 50-70 persen tubuh manusia terdiri dari air. Disarankan untuk meminum air kapanpun untuk membantu tubuh untuk tetap terhidrasi.

Tahukah Anda bahwa mengkonsumsi air putih hangat setiap pagi memiliki banyak manfaat? Berikut penjelasannya sebagaimana dikutip dari Detikcom.

1. Mempertahankan berat badan ideal
Dikutip dari Asquithdeal, ahli gizi Cara Walsh RD menjelaskan bahwa manfaat minum air putih hangat dapat mencegah perut dari kembung dan begah. Tidak hanya itu, air putih hangat juga bermanfaat untuk membakar kalori lebih banyak pada pagi hari. Sehingga meminum air putih dapat membantu Anda menjaga berat badan.

2. Memperlancar pencernaan
Minum air putih hangat di pagi hari telah terbukti dapat membantu proses pencernaan. Air putih hangat memiliki efek vasodilator yang dapat membuat pembuluh daerah melebar dan merangsang aliran darah menuju usus. Dengan begitu, usus akan cepat melakukan proses pencernaan. Selain itu, meminum air putih hangat juga mampu mengatasi sembelit yang disebabkan oleh minimnya pergerakan di usus. Air putih hangat dapat merangsang gerakan peristaltik dalam usus.

3. Detokfikasi
Air putih hangat dapat meningkatkan suhu tubuh. Efeknya adalah kelenjar keringat yang terangsang. Pada saat proses pengeluaran keringat inilah, racun dalam tubuh dapat dikeluarkan. Air putih juga dapat melancarkan peredaran darah sehingga dapat mencegah berbagai macam penyakit seperti stroke.

4. Mengatasi pilek dan sakit tenggorokan
Apakah Anda orang yang memiliki kebiasaan atau tenggorokan yang sakit ketika bangun tidur? Minum air putih hangat dapat menjadi salah-satu solusi yang mudah untuk mengatasinya. Menurut para ahli, minum air putih hangat dapat menurunkan gejala infeksi saluran pernapasan sehingga pilek yang Anda sering alami dapat teratasi. Minum air hangat juga mampu mengatasi rasa sakit akibat penumpukan cairan di dalam kerongkongan.

5. Mengurangi stres
Minuman hangat juga mampu menenangkan saraf di dalam tubuh sehingga tubuh menjadi lebih rileks. Jika Anda memiliki gangguan kecemasan, air putih hangat bisa menjadi salah-satu kebiasaan yang harus mulai Anda terapkan.(*)
 

#Kesehatan

Index

Berita Lainnya

Index