Kerja Sama dengan Human Initiative, Tim Kukerta Relawan UNRI Covid-19 Salurkan Hewan Kurban

Istimewa

Pekanbaru - Human Initiative bersama Tim Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Relawan Universitas Riau (UNRI) Covid-19 melaksanakan “Insyaallah Kurban” pada Jumat(31/7) dan Sabtu (1/8) lalu. Kegiatan ini berlangsung di masjid-masjid Pekanbaru, di antaranya Masjid Baitul Ahmad dan Masjid Nurul Falah, dengan hewan kurban berupa sapi dan kambing.

Dalam rilis yang diterima Riaukarya.com pada 7 Agustus 2020, Ketua Tim Kukerta Relawan Covid-19 Kelembagaan Human Initiative, Ihsan Naufal Firdaus mengatakan “Insyaallah Kurban” juga bekerja sama dengan panitia-panitia kurban yang ada di masjid.

Menurut Ihsan, Human Initiative mengambil bagian dalam kegiatan penyaluran kurban agar dapat membantu mendistrubusikan secara merata kepada masyarakat. Kegiatan ini, kata Ihsan, juga dilaksanakan di seluruh Indonesia.

“Penyaluran hewan kurban dari kaum muslimin didistribusikan kepada masyarakat muslim di seluruh Indonesia dan dunia. Dengan adanya wabah Covid-19 ini maka tidak mengurungkan niat baik seorang muslimin untuk melaksanakan perintah berkurban,” katanya.

Disampaikan Ihsan, Human Initiative Riau dan Tim Kukerta Relawan UNRI Covid-19 membantu penyaluran hewan kurban dengan tetap mengikuti protokol kesehatan, seperti memakai makser, field mask, sarung tangan, dan hand sanitizer. Ihsan mengatakan pihaknya juga mengimbau warga sekitar untuk tidak berkumpul atau beramai-ramai. Ia juga menyampaikan agar warga selalu memakai masker.

“Selama pemrosesan kurban mengikuti protokol Covid-19 termasuk dalam penyaluran hewan kurban ke warga sekitar. Alhamdulillahirrabil’alamin, ‘Insyaallah Kurban’ bersama Human Initiative Riau dan Tim Kukerta Relawan UNRI Covid-19 berjalan dengan lancar. Semoga hewan kurban yang telah disalurkan dapat digunakan dengan sebaiknya dan semoga wabah Covid-19 dapat segera mereda agar kita semua dapat melakukan aktivitas seperti biasanya,” kata Ihsan.

Sekadar Informasi, kurban adalah salah satu ibadah yang diperintahkan oleh Allah SWT dalam Al-Quran untuk dilaksanakan pada Hari Raya Idul Adha sebagaimana Allah berfirman dalam QS. Al Kautsar ayat 1-2: “Susungguhnya kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak, maka dirikanlah sholat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah”.

Perintah kurban dimulai dari peristiwa sejarah kurban Nabi Ibrahim AS yang memimpikan perintah mengurbankan anak yang dicintai beliau, Nabi Ismail AS yang kemudian Allah gantikan dengan seekor qibas. Peristiwa sejarah tersebut adalah bukti ketaatan Nabi Ibrahim AS dalam menjalankan perintah Allah SWT. Menjalankan perintah kurban bagi seorang muslim adalah bukti ketaatan kita terhadapat perintah Allah SWT.
 





[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar