Ratusan Umat Muslim Laksanan Salat Idul Adha di Halaman Ponpes Al Falah Titian Resak

INHU - Pondok Pesantren (Ponpes) Al Falah Desa Titian Resak, Kecamatan Seberida, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), Riau, Jumat 31 Juli 2020, menjadi tempat pelaksanaan salat Idul Adha. Ratusan umat muslim dari 1 dusun yaitu Dusun Purwosari berkumpul di halaman ponpes untuk melaksanakan salat Id dan sama-sama menyaksikan penyembelihan hewan kurban.

Adapun yang bertugas dalam pelaksanaan salat Idul Adha tersebut ialah, yang bertindak sebagai Imam Ustad Ahmad, Khatib Ustad Rohani dan Bilal Ustad Umar Ahmad.

Tampak hadir juga dalam pelaksanaan salad id tersebut ada anggota DPRD Inhu dari Fraksi PKS Mulyanto M.Pd, Kades Titian Resak,  Sumanto ST, Lurah Pangkalan Kasai, Setiawan S.KM, mantan Kades Titian Resak Tuso dan semua jamaah. Semua pelaksanaan salat Idul Adha mengikuti protokol kesehatan Covid-19. 

Tahun ini merupakan yang perdana Ponpes Al Falah menyelenggarakan  kegiatan pelaksanaan salat Idul Adha dan pemotongan hewan kurban. 

Sebanyak 9 ekor sapi dan 3 ekor kambing untuk penyembelihan hewan kurban tahun perdana ini. Dari 9 ekor sapi tersebut menghasilkan 1 ton 100 kilogram daging murni yang mana daging tersebut dibagikan kepada 900 Kepala Keluarga.

Perlu diketahui bahwa Ponpes Al Falah ini merupakan cabang dari Temboro Jawa Timur. Ponpes ini bukan milik perorangan atau pribadi, melainkan milik bersama yaitu milik desa, yang telah dibangun semenjak 5 tahun silam diatas tanah wakaf seluas kurang lebih 0,8 hektar.

Tanah tersebut merupakan tanah yang dihibahkan oleh Alm. Bapak Sudimo dan sebagian tambahan hibah dari Alm. Bapak Abdul Hadi. 

Pembangunan ponpes sampai saat ini terus dilaksanakan dan beberapa bangunan sarana dan prasarana sudah dibangun dengan cukup megah. Adapun anggaran dana untuk pembangunan tersebut sudah menghabiskan dana hampir 1 Miliyar, sumber dana yang berasal dari pada donatur dan dermawan juga masyarakat sekitar.

Ponpes Al Falah cabang dari temboro ini dibawah pimpinan Umar Ahmad, Pengurus Ponpes Ustad Rohani. Sudah berjalan dua tahun pondok ini telah mempunyai 100 lebih santri dan 13 orang tenaga pengaja.

Masih banyak yang perlu dibangun di Ponpes Al Falah ini, dan tentunya sangat memerlukan dana yang tidak sedikit jumlahnya.

Pimpinan Ponpes Al Falah Umar Ahmad berharap, khususnya kepada para donatur yang ingin menyumbangkan sebagian hartanya di jalan Allah, silahkan untuk membantu pembangunan ponpes ini, baik itu berupa material maupun materil, dengan senang hati kami menerima bentuk bantuan apapun.

"Dan Insya Allah, bantuan dari bapak dan ibu akan sangat bermanfaat dan tentunya kami sebagai pimpinan pondok dan semua yang terlibat didalamnya akan selalu amanah, dan dapat dipertanggungjawabkan. Saya ucapkan terimakasih kepada semua pihak terutama kepada para donatur yang telah memberikan sebagian hartanya, semoga mendapatkan fahala yang setimpal di berikan Allah SWT," pungkasnya.(shp)

 

 






[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar