Idul Adha 1442 H Di Rengat Barat Berlangsung Khidmat

Ketua panitia pemotongan hewan kurban Masjid Nurul Huda Ir H Hendrizal M.Si menyaksikan proses pemotongan hewan kurban

INHU - Pelaksanaan sholat Idul Adha 1441 H, Jumat (31/7/2020) pagi di Masjid Nurul Huda jalan Gerbangsari Kelurahan Pematang Reba Kecamatan Rengat Barat.

Camat Rengat Barat, H Hendri S.Sos saat menyampaikan arahan dan amanat Bupati Inhu, H Yopi Arianto SE ketika sholat Id tersebut mengimbau segenap lapisan masyarakat Inhu, khususnya Rengat Barat untuk selalu mematuhi dan memperhatikan protokoler kesehatan yang ditetap pemerintah dalam melaksanakan sholat Idul Adha 1441 H ditengah pandemi Covid-19.
 
Ada tiga poin penting yang harus diperhatikan, pertama, wajib pakai memakai masker ketika sholat, kedua, mencuci tangan dengan air mengalir mengunakan sabun yang telah disediakan atau handsanitazer, ketiga selalu menjaga jarak sesuai protokoler kesehatan.

Khotib sholat Id itu adalah ustadz Fuad, dalam kutbahnya beliau berpesan pada jamaah akan pentingnya kesabaran dalam pengorbanan yang belum seberapa jika dibandingkan dengan pengorbanan Nabi Ibrahim AS yang ikhlas menyembelih putra semata wayangnya, Nabi Ismail AS atas perintah Allah SWT.

"Namun kita sebagai umat Nabi Muhammad SAW hanya diminta mengorbankan sedikit harta untuk berbagi dengan sesama saat Idul Adha seperti sekarang ini," ucap ustadz.

Beliau juga menyampaikan tentang syariat qurban, ada beberapa hal perlu diperhatikan ketika berkurban.
Pertama, sebagaimana amal ibadah lainnya, ada kurban diterima oleh Allah SWT, ada juga tidak diterima. Seperti yang disebutkan dalam surah Al-Mai'idah ayat 27, bahwa Allah menerima kurban dari Habil dan tidak menerima kurban dari Qabil. 

Kemudian, kurban adalah bentuk solidaritas sosial, terlebih disaat pandemi Covid-19 ini, semua lapisan masyarakat tanpa terkecuali, betul-betul dapat merayakannya dengan riang gembira dan penuh suka cita.
Jangan sampai pada Idul Adha ini ada perut-perut lapar yang berangan-angan tentang nikmatnya daging qurban, sementara perut kita kekenyangan setelah menyantap hidangan lezat hasil qurban.

Sementara Ketua Panitia pemotongan hewan kurban Masjid Nurul Huda Kelurahan Pematang Reba, Ir H Hendrizal, M.Si ketika dikonfirmasi disela-sela pemotongan hewan kurban, Sabtu (1/8/2020) mengatakan, jumlah hewan kurban di Masjid Nurul Huda sebanyak 14 ekor sapi dan 1 ekor kerbau.

"Alhamdulillah, kegiatan pemotongan hewan kurban berjalan lancar, kita berharap masyarakat yang berhak mendapatkan bisa merasakan kebahagiaan dihari raya ini," ucap Hendrizal yang juga Sekdakab Inhu (ril)





[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar