Peserta Didik Baru di MAK Adzqia Batang Gansal Ikuti Kegiatan MOS

INHU - Dalam mengawali kegiatan sekolah khususnya siswa siswi baru SMA, SMP sederajat dimasa pandemic yang diwajibkan menyesuaikan diri dengan panduan standar covid-19 menjadi sebuah tantangan tersendiri bagi kelola sekolah dan jajarannya. 

Khusus Madrasah Aliyah Keterampilan (MAK) Adzqia Kecamatan Batang Gansal (Inhu) menggelar MOS dimasa pandemik dengan metode “Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) yang mengacu kepada Permendikbud nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru.

Hal tersebut diungkapkan Kepala MAK Adzqia Moh Tahsis S.Pdi saat dikonfirmasi melalui saluran ponselnya Rabu (15/7/2020)." Awal proses pembelajaran tahun ajaran baru di Madrasah akan segera dimulai dengan diawali masa orientasi dan pengenalan lingkungan Madrasah. Awal masuk sekolah menjadi pintu gerbang pertama dalam mengenalkan lingkungan madrasah, menggali potensi-potensi anak, menggali masa depan anak. Hal ini sesuai dengan Motto Direktorat KSKK Madrasah mencetak generasi “Hebat dan Bermartabat” generasi yang cerdas secara akal, tetapi matang secara spiritual dan berkarakter ke-Indonesia-an,"ujarnya.

Menurutnya “Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) diperlukan dalam rangka menetukan keberhasilan seluruh proses pembelajaran di madrasah. Seluruh rangkaian kegiatan MATSAMA bersifat edukatif, menumbuhkan kreatifitas dan inovasi kepada para peserta didik sehingga memberikan pengalaman yang menyenangkan dan mencintai madrasah dan mengacu kepada Permendikbud nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru.

Lanjut dia, MATSAMA bertujuan, untuk mengenalkan lingkungan, nilai dan karakter khusus madrasah kepada para peserta didik baru, agar selama proses pembelajaran dapat tercipta rasa aman dan nyaman untuk mengembangkan seluruh potensi diri dan kemampuannya.

"Menumbuhkan kultur dan jiwa bangga kepada para peserta didik baru untuk belajar dan mencintai serta menjaga nama baik almamaternya. Menanamkan dan memperkuat nilai-nilai moderasi beragama dan karakter ke-Indonesia-an kepada para peserta didik”, papar Moh Tahsis.

Sementara itu panitia MOS MAK Adzqia Yudi Wira Aditama menjelaskan, kepada peserta didik baru juga diberikan wawasan kebangsaan, materi bela negara, sosialisasi tentang bahayanya narkoba, kesehatan, ukhuwah Islamiyah, perkenalkan OSIS dan organisasi - organisasi lainnya didalam lingkungan madrasah.

Yudi juga menjelaskan bahwa  Kepala Madrasah bertanggungjawab penuh atas perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam MATSAMA. Perencanaan kegiatan MATSAMA disampaikan oleh madrasah kepada orang tua/wali pada saat lapor diri sebagai peserta didik baru atau disesuaikan dengan kondisi wilayah masing-masing.

"MATSAMA wajib berisi kegiatan yang bermanfaat, bersifat edukatif, kreatif dan menyenangkan," tuturnya.

Dalam kegiatan MOS di MAK Adzqia juga mendatangkan dewan pembimbing dari satuan TNI yang mana hal ini untuk pembekalan wawasan kebangsaan dan bela negara serta kegiatan baris berbaris dan lainnya yang bersangkutan dengan NKRI dan Panca Sila.

Untuk MAK Adzqia sendiri tahun pelajaran baru 2020/2021 menerima siswa barunya berjumlah 61 siswa. Dan kegiatan MOS akan berlangsung selama 3 hari," ujar Yudi menutup.(shp) 





[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar