Sungai Asam Akan Bangun Tanggul Sepanjang 34 Kilometer

Sungai Asam Akan Bangun Tanggul Sepanjang 34 Kilometer
RETEH - Bupati Indragiri Hilir (Inhil), HM Wardan didampingi istri Zulaikha Wardan beserta beberapa pejabat teras di Lingkungan Pemkab Inhil menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Al-Ikhsan, Desa Sungai Asam, Kecamatan Reteh, Rabu (4/1/2017).
 
Bagi Kepala Desa dan warga Sungai Asam, kedatangan Bupati beserta Ibu dan rombongan merupakan sesuatu yang istimewa. "Ini sejarah bagi Desa Sungai Asam sejak berdiri pada 2003 lalu," kata Kepala Desa Sungai Asam, M Taher, SAg.
 
Dalam kesempatan itu, Taher juga memaparkan tentang perubahan yang dilakukan Pemerintah Desa Sungai Asam. Dimana khusus dana dari Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) dan dana desa dari Pemerintah Pusat akan dilakukan pembangunan tanggul sepanjang 34 Km dengan anggaran lebih kurang Rp1,3 miliar.
 
"Kemudian juga perbaikan kebun kelapa, sejalan dengan prioritas Pak Bupati," kata Taher di depan seluruh hadirin.
 
Sementara itu, Camat Reteh, Akhmad Khusairi, mengatakan, dana Desa Maju Inhil Jaya (DMIJ) yang diterima Desa Sungai Asam ditambah dana desa dari Pusat pada 2016 lalu sebesar Rp1,2 miliar.
 
"Dana DMIJ itu sangat dirasakan oleh masyarakat. Geliat pembangunan sangat terasa di Desa Sungai Asam. Kita berharap ini terus berlanjut," harap Akhmad.
 
Bupati Indragiri Hilir, HM Wardan, meminta kepada seluruh perangkat desa untuk mengecek RKB. Karena disebutkan Wardan, Program DMIJ dibangun untuk pembangunan di segala sektor.
 
"Mulai dari pembangunan infrastruktur baik umum, jalan, jembatan, kesehatan hingga pendidikan. Juga diharapkan kegiatan keagamaan ikut dilaksanakan, misal Magrib Mengaji," kata Wardan.
 
Wardan menginginkan seluruh masyarakat di Kabupaten Inhil umumnya, dan warga Desa Sungai Asam pada khususnya bisa memiliki moral yang baik, dengan ditopang dengan nilai-nilai keagamaan.
 
"Maka kita harus membentengi generasi muda dengan ilmu agama. Ini menjadi tanggung jawab kita bersama. Jangan biarkan generasi muda, anak-anak kita rusak dalam menyongsong masa depannya," lanjut Wardan.
 
Lewat DMIJ ini, kata Wardan, juga memprioritaskan pendidikan anak usia dini. Semua ini dilakukan dalam mewujudkan Kabupaten Inhil yang maju, bermarwah dan bermartabat.
 
"Apa yang sudah kita bangun maka marilah kita pelihara dan manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Sementara untuk perbaikan kebun kelapa, kita sudah serahkan 4 unit eskavator dan salah satunya di Kecamatan Reteh, selanjutnya tahun ini akan kita serahkan lagi 12 unit lagi untuk kecamatan yang belum dapat," ujar Wardan.
 
Maulid Nabi SAW diisi oleh Ustadzah Nurhidaya. Kegiatan ini ditaja oleh TP PKK dan Majelis Taklim al-Hidayah Desa Sungai Asam.
 
Turut hadir dalam kegiatan tersebut Ketua TP PKK Inhil Zulaikha Wardan, Kepala Bappeda, Kadispora, Kadis Perikanan, Kepala BP2KB, Kepala BPMPD, Kepala BPKAD, Kepala BPBD dan Kabag Humas. (kim)
 

Berita Lainnya

Index