Mahasiswa Kukerta yang tergabung dalam Tim Pengabdian Universitas Riau di Desa Air Putih Ikut Andil

Pengabdian Mahasiswa Kukerta Di Masa Pandemi Untuk Masyarakat

Pengabdian Mahasiswa Kukerta Di Masa Pandemi Untuk Masyarakat
Tim Pegabdian Mahasiswa Kukerta di Desa Air Putih

Sebagai bentuk andil Universitas Riau (UNRI) dalam menyikapi perubahan dengan adanya kondisi Pandemik Covid-19, maka mahasiswa yang berada di daerah diizinkan untuk mengikuti kegiatan relawan desa melawan covid yang ada di daerahnya. Kegiatan ini kemudian diakui sebagai kegiatan Kuliah Kerja Nyata di bawah tim pengabdian UNRI dengan dosen pendamping lapangan Rachmad Saputra, S.P., M.Sc..

Tim Pengabdian Relawan Desa Lawan Covid-19 ini berpatisipasi dalam pembuatan spanduk tentang himbauan new normal. Himbauan tersebut berisikan hal-hal yang dapat menyadarkan masyarakat tentang bahaya akan covid-19. Dalam spanduk tersebut terdapat himbauan untuk masyarakat tetap selalu waspada dalam menjaga kebersihan terlebih pada suatu lingkungan yang banyak didatangi oleh masyarakat dalam hal pemenuhan kebutuhan pribadi seperti pasar, dan tempat-tempat peribadatan.

Selain membuat dan memasang spanduk himbauan, Tim Pengabdian Mahasiswa Universitas Riau juga memberikan sabun dan hand sanitizer pada masing-masing tempat tersebut. hal ini dilakukan sebagai upaya dalam memenuhi standar protocol kesehatan yang berlaku pada saat ini. Hal ini telah sejalan dengan standar kesehatan yang terus diberlakukan di Desa Air Putih, Kecamatan Lubuk Batu Jaya. Kabupaten Indragiri hulu.

Ketua Tim Pengabdian Desa Air Putih, Ifana Yoseva K.S menyebutkan dalam berlangsungnya kegiatan pembuatan sampai dengan pemasangan, pemberian sabun dan hand sanitizer dilakukan secara bertahap dalam jangka waktu beberapa hari. Dalam kegiatan tersebut mereka didampingi oleh sebagian masyarakat yang bertanggung jawab pada setiap bidangnya. 

“Pada Jum’at (19/06/2020), kami memulai kegiatan pemasangan spanduk, pemberian sabun dan hand sanitizer di gereja terlebih dahulu, kemudian disusul dengan hari-hari berikutnya di pasar dan di masjid Desa Air Putih,” ungkap Rani sebagai anggota pengabdian. 

Dalam kegiatan tersebebut mereka berharap dapat terus menyadarkan masyarakat akan tetap menjalankan protokol kesehatan di kondisi new normal, tetap mejaga kebersihan baik kebersihan jasmani maupun kebersihan lingkungan tempat masyarakat itu tinggal sebagai bentuk pencegahan akan covid-19  karena pada dasarnya kesehatan mahal apabila dirupiahkan.

Berita Lainnya

Index