Di Usia ke 14 Tahun

SMA Negeri 1 Lirik Gudangnya Murid Berprestasi

SMA Negeri 1 Lirik Gudangnya Murid Berprestasi
Kepala SMAN 1 Lirik, H. Darlis Usman S.Pd, M.Si menunjukkan piala yang berhasil diraih oleh SMAN 1 Lirik
LIRIK - SMA Negeri 1 Lirik merupakan SLTA Negeri pertama yang berdiri di Kecamatan Lirik. Sekolah ini beralamat di Jalan Lintas Timur, Desa Lirik Area, Kecamatan Lirik, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) dengan luas tanah 38.000 M2. 
 
Sekolah yang telah melahirkan ribuan alumni ini, awal berdirinya, sekolah terdiri dari SMP dan SMA bernama SMP dan SMA YKPP Lirik pada tahun 1993, setelah berjalan beberapa tahun sekolah ini ditutup oleh Kepala Lapangan Pertamina Lirik pada tahun 1998. Kemudian tahun 2000 SMA ini kembali berdiri dengan nama SMU YPL . Tanggal 11 Juni 2002 dinegerikan  menjadi  SMU  Negeri  1  Lirik, berdasarkan Keputusan Bupati Indragiri Hulu Nomor : 120 tahun 2002 tanggal 11 Juni 2002 tentang : Pembukaan dan Penegerian   Sekolah Kabupaten Indragiri Hulu, dan kini bernama SMAN 1 Lirik.
 
Diusianya yang telah mencapai 14 tahun lebih ini, segudang prestasi telah diukir oleh siswa - siswi SMAN 1 Lirik, baik bidang akademik maupun Non akademik. Dari segi kualitas memang sudah tidak diragukan lagi hampir pada setiap bidang mampu mereka kuasai.
 
Salah satu sekolah yang mendapat predikat terfavorit di Kabupaten Inhu ini banyak sekali muridnya yang mendulang banyak pujian dan prestasi. Masih hangat dalam ingatan kita siswa yang bernama Daulat Holomoan sukses menjadi satu satunya wakil Kabupaten Inhu menjadi Paskibraka Nasional tahun 2015.Kemudian pada tahun 2013 yang lalu, Wida Nur Atika Siswi SMAN 1 Lirik juga terpilih sebagai anggota Paskibra tingkat Nasional. Selain Daulat Holomoan dan Wida Nur Atika masih banyak lagi siswa siswi lain yang mampu berprestasi baik itu ditingkat Kabupaten, Provinsi bahkan Tingkat Nasional.
 
Kepala SMAN 1 Lirik, H. Darlis Usman S.Pd, M.Si mengatakan bahwa berbagai prestasi yang telah diraih oleh SMAN 1 Lirik tentunya merupakan sebuah hasil dari kerja keras dan kerja cerdas seluruh stake holder yang ada di SMAN 1 Lirik.
 
Selain itu juga, berkat kekompakan dan kerjasama yang baik serta berbagai raihan prestasi, menjadikan SMAN 1 Lirik menjadi sekolan pilihan bagi para pelajar untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi. Hal ini dapat diketahui dari jumlah siswa baru setiap tahunnya mengalami peningkatan.
 
“Pada tahun ajaran 2014/2015 jumlah siswa baru sebanyak 109, 2015/2016 sebanyak 117 dan pada tahun ajaran 2016/2017 semakin meningkat hingga mencapai 160 siswa,” ujarnya.
 
Kepsek yang dikenal religius ini juga mengungkapkan untuk sarana dan prasarana, SMAN 1 Lirik juga termasuk sekolah yang lengkap, adapun kelengkapan tersebut terlihat dengan adanya perpustakaan, Laboratorium IPA, Laboratorium Komputer, Laboratorium Bahasa, Laboratorium Komputer Guru. Kemudian juga dilengkapi dengan Mushalla, Kantin sebanyak 4 buah, serta untuk keamanan sekolah juga ada rumah penjaga sekolah.
 
H. Darlis Usman berharap kedepannya, SMAN 1 Lirik terus berkembang dan semakin maju kearah yang lebih baik. Selain itu juga para lulusan SMAN 1 Lirik juga diharapkan untuk dapat menjadi manusia yang berguna bagi nusa dan bangsa.***
 
 
VISI SMA NEGERI 1 LIRIK :
Terwujudnya peserta didik yang berimtaq, beriptek serta peduli lingkungan.
 
 
MISI SMA NEGERI 1 LIRIK :
1. Meningkatkan kualitas pemahaman dan pelaksanaan ketaqwaan, keimanan dan kesalehan warga sekolah.
2. Meningkatkan kualitas pelaksanaan kegiatan belajar mengajar melalui pembelajaran yang aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan.
3. Meningkatkan kualitas kepedulian terhadap lingkungan dengan mengaplikasikan program wiyata mandala dan mengintegrasikannya kedalam materi pelajaran yang relevan. (adv/dil)

Berita Lainnya

Index