Ponpes Imadul Bilad Pematang Reba Inhu, Gelar Lomba Kaligrafi via Medsos

H.Cucu Sulaeman M.Pd

INHU - Dalam rangka memperingati Nuzulul Qur'an bulan Ramadhan 1441 Hijriyah / 2020 Masehi, Pondok Pesantren (Ponpes) Imadul Bilad Pematang Reba, Kecamatan Rengat Barat, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), pimpinan KH. Sularman, SAg, M.Sc,  M.Pdi, akan menyelenggarakan Lomba Penulisan Kaligrafi melalui medsos.

"Lomba penulisan kaligrafi digelar melalui medsos, hal ini dikarenakan situasi penularan virus corona Covid-19 masih belum reda dan masih dalam program PSBB," ujar H.Cucu Sulaiman M.Pd selaku pendiri Ponpes Imadul Bilad saat dikonfirmasi via selulernya, Selasa (12/5/2020).

Menurut H.Cucu Sulaiman, adapun lomba yang digelar adalah kaligrafi kontemporer. Dan panitia menyediakan waktu pengiriman karya kaligrafi kontemporer tersebut mulai tanggal 10 Mei 2020 sampai dengan tanggal 16 Mei 2020, sedangkan hasilnya akan diumumkan pada tanggal 17-18 Mei 2020. 

Dan ia juga menegaskan, lomba kaligrafi kontemporer ini terbuka bagi santri tingkat  SD/MI, SMP/MTS, dan SMA/SMK/MA dan pesertanya boleh dari luar provinsi Riau.

 "Alhamdulillah sudah ada beberapa orang santri yang telah mendaftar dan mengirim vidio pengerjaannya, dari beberapa daerah  di Riau bahkan ada juga dari luar Propinsi Riau," sebut Cucu Sulaeman.

Dan juga disebutkan, pihak panitia masih menunggu peserta lain yang mendaftar hingga waktu pendaftaran yang akan ditutup pada tanggal 16 Mei 2020. Bagi peserta terbaik I,  II,  dan III, panitia menyediakan hadiah uang yang akan ditransfer ke rekening yang bersangkutan, satu hari setelah pengumuman. 

Selanjutnya, masih kata Cucu kegiatan ini juga digelar sebagai ajang alternatif karena beberapa event lomba terpaksa tidak atau belum dilaksanakan karena wabah covid-19, seperti halnya MTQ tingkat Kecamatan di Kabupaten Inhu yang rencananya serentak akan digelar tanggal 10 April 2020.

 "Sampai hari ini belum jelas kelanjutannya, semoga para santri Khattat/Khattatah yang menggemari kaligrafi kontemporer dapat memanfaatkan kesempatan ini," ujar Cucu Sulaeman.

Ditambahkan Cucu Sulaeman, bagi para peserta lomba kaligrafi bebas tanpa dipungut uang pendaftaran alias gratis. Dan berikut syarat dan ketentuannya, lomba berlaku untuk para santri tingkat MI/SD, MTs/SMP, MA/SMA dan SMK.

Jenis kaligrafi yang dilombakan ialah kaligrafi kontemporer, kaligrafi dibuat diatas kertas 3A dengan media lukis bebas. Ayat yang dibuat potongan Surah Al Baqoroh ayat 185.

Hasil karya dikirimkan ke WA panitia lomba 085365568655 dengan dilampiri vidio pembuatan dengan durasi 2 menit, meliputi persiapan, proses dan finising.

Pengiriman hasil karya dimulai pada tanggal 10 Mei dan ditutup pada tanggal 16 Mei 2020 pada pukul 16.00 Wib, sedangkan penilaiannya akan dilakukan pada tanggal 17 Mei 2020 dan pengumuman pemenang tanggal 18 Mei pada pukul 21.00 Wib.

Selanjutnta, keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat. Untuk pemenang terbaik pertama, panitia menyediakan hadiah sebesar Rp.500.000-, pemenang kedua Rp.400.000-, dan untuk pemenang ketiga sebesar Rp.300.000-, untuk masing-masing tingkatan. Dan hadiah tersebut akan dikirim ke nomor rekening yang bersangkutan sehari setelah pengumuman.

"Peserta jangan lupa mencantumkan data pribadi bersama hasil karyanya meliputi, nama lengkap, nama Ponpes, tingkat atau kelas dan alamat lengkap," paparnya.(shp)

 




[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar