Dibuka Plt Kadisdikbud Inhu, 120 Siswa SD/MI Adu Kemampuan di KSN Tingkat Kecamatan Rengat

Plt Kadisdikbud Inhu, Dra Hj Erlina Wahyuningsih membuka secara resmi KSN tingkat kecamatan Rengat

INHU - Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Indragiri Hulu, Dra Hj Erlina Wahyuningsih membuka secara langsung Kompetisi Sains Nasional (KSN) tingkat Kecamatan Rengat, Rabu 26 Februari 2020 bertempat di SDN 007 Sekip Hulu Rengat.

Turut hadir dalam acara tersebut, Kabid Pendidikan Dasar Disdikbud Inhu, Karwadi, S.Sos,  M.Si, Camat  Rengat Sustiono, Koorwil Rengat Jefriantoni, SE, Ketua K3S Rengat A. Muis M.Pd, dan Ketua Pelaksana KSN Rengat, Eldamidra, S.Pd, dan seluruh kepala SD/MI se kecamatan Rengat.

Koorwil Kecamatan Rengat, Jefriantoni, SE dalam laporannya menyampaikan bahwa bidang yang dilombakan dalam KSN tahun 2020 ini yaitu Matematika dan IPA.

“Tujuan dari lomba KSN ini untuk meningkatkan mutu pendidikan khususnya bidang mata pelajaran IPA dan Matematika yang berazaskan pendidikan karakter. Sekaligus dapat menumbuhkembangkan budaya kompetitif yang sehat di kalangan siswa pada tingkat sekolah, kabupaten, provinsi hingga nasional,” ujar Jefri.

Koorwil Disdikbud Rengat, Jefriantoni

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk memotivasi siswa agar lebih gemar belajar sains dan mempunyai karakter, serta untuk mendorong sekolah dalam memfasilitasi siswa dan meningkatkan mutu pembelajaran Matematika dan IPA.

"Adapun jumlah peserta pada KSN tingkat SD/MI tahun 2020 ini sebanyak 120 siswa, dengan rincian 60 siswa mata pelajaran Matematika dan 60 siswa untuk mata pelajaran IPA," sebutnya.

Pada kesempatan tersebut, Jefriantoni juga menyampaikan peserta terbaik dimasing-masing mata pelajaran, nantinya akan mewakili Kecamatan Rengat pada KSN tingkat Kabupaten Inhu. 

Sementara itu, Plt Kepala Disdikbud Inhu, Dra Hj Erlina Wahyuningsih berpesan untuk menjadikan Kompetisi Sains Nasional  (KSN) menjadi ajang menguji  kemampuan siswa di kecamatan Rengat terutama di bidang sains.

Hj Erlina juga mengungkapkan, Disdikbud Inhu akan mengadakan KSN tingkat kabupaten pada  tanggal 12 Maret 2020, sedangkan bulan April 2020 tingkat Provinsi dan pada tanggal  21-27 Juni ditingkat nasional yang dipusatkan di Surabaya, Provinsi Jawa Timur.

"Semoga  dalam seleksi di kecamatan Rengat  ini akan  didapati siswa-siswi yang nantinya akan mewakili kabupaten Inhu ditingkat provinsi bahkan ke tingkat Nasional," harapnya.

Terakhir, Hj Erlina berpesan  bagi peserta yang berhasil dalam seleksi KSN tingkat kecamatan Rengat, jangan terlalu bergembira dan lupa belajar dan yang belum berhasil jangan bersedih, namun teruslah belajar dengan lebih giat, karena KSN ini setiap tahun diadakan. 

“Selamat berkompetisi, karena dalam sebuah kompetisi kalah menang merupakan hal yang patut di hargai guna memperbaiki diri kedepannya," pungkasnya. (ind)




[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar