Maraknya Bisnis Juala Online Dikalangan Masyarakat

Maraknya Bisnis Juala Online Dikalangan Masyarakat
Ilustrasi

Di Era modern saat ini, teknologi mengalami pembaharuan yang sangat pesat. Kita lihat bersama banyak teknologi yang bermunculan dan bermanfaat bagi setiap manusia. Hal inipun terkadang membuat manusia merasa bingung dan selalu ingin menggunakan semuanya. Mereka yang ahli di bidang teknologi seolah tidak ingin kalah saing dengan yang lainnya. Mereka berupaya melahirkan pembaharuan-pembaharuan yang sebelumnya tidak pernah diciptakan oleh orang lain. Hal ini bertujuan agar produk yang telah mereka ciptakan laku dipasaran dan tidak tersaingi. Sangat disayangkan jika kita sebagai konsumen dari teknologi itu tidak bisa memanfaatkan berbagai teknologi yang ada. Jangan sampai dengan banyaknya teknologi yang ada kita menjadi malas untuk bekerja, tetapi harus sebaliknya. Kita harus bisa memanfatakan kecanggihan teknologi saat ini. Entah itu sebagai peringan pekerjaan kita, ataupun untuk mendatangkan penghasilan. Berwirausaha, merupakan salah satu solusi yang ada saat ini dan tengah berkembang pesat di tanah air. Kita dapat menggunakan teknologi yang canggih saat ini untuk membantu kita membuka suatu usaha. 

Wirausaha merupakan menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda melalui berfikir kreatif dan bertindak inovatif untuk menciptakan peluang. Dengan adanya teknologi seseorang dapat membuka jalur yang lebih luas lagi untuk memasarkan produknya. Menteri koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga mengatakan   “ Rasio wirausaha di Indonesia sudah meningkat menjadi 3,1 persen dari total penduduk Indonesia dari sebelumnya hanya 1,55 Persen di 2014. Jika dihitung dengan jumlah penduduk Indonesia sekitar 260 juta jiwa, maka jumlah wirausaha Indonesia saat ini mencapai sekitar 8,06 juta jiwa” (Jakarta, 21 Maret 2019). Dari data tersebut dapat kita lihat bahwa adanya suatu peningkatan khususnya di bidang wirausaha di Indonesia. Ini membuktikan bahwa masyarakat Indonesia mulai tertarik dengan bidang kewirausahaan tersebut. Mengapa tidak, wirausaha tidak hanya bisa dilakukan oleh mereka yang berada di kelas atas. Masyarakat yang ada di kelas bawah pun mampu melakukannya, bahkan setiap orang bisa menciptakan peluang usaha itu sendiri. Dan semua itu tergantung pada keahlian individu masing-masing. Usaha serta tekad yang kuat akan mampu membawa seseorang menuju sebuah kesuksesan.

Wirausaha dapat dilakukan oleh seseorang ataupun secara berkelompok. Setiap orang mempunyai peluang besar untuk berwirausaha bahkan menciptakan peluang bagi yang lainnya. Bakat wirausaha itu sendiri dapat muncul dari pola asuh orang tua dan pengaruh lingkungan sekitar. Anak yang lahir dari keluarga yang sudah akrab dengan dunia perbisnisan, sedikit banyaknya akan menuruni bakat itu. Dan begitu pula dengan seseorang yang tinggal disekitar lingkungan yang mayoritas berprofesi sebagai wirausaha. Mereka akan banyak belajar dari lingkungan tempat tinggal mereka tersebut. Seorang wirausaha akan mampu mengembangkan ide-ide yang dimilikinya. Sehingga menghasilkan inovasi-inovasi terbaru yang belum pernah ada. Keahlian yang dimiliki oleh seorang wirausaha menjadi faktor utama.  Selain itu, wirausaha memerlukan tekad yang kuat serta konsistensi. Komitmen dan semangat yang tinggi harus dimiliki oleh setiap pengusaha. Karena akan banyak tantangan dan halangan yang akan dihadapi nantinya. Diharapkan setiap pengusaha mampu menghadapi berbagai rintangan yang ada. Hingga tujuan yang telah diharapkan bisa tercapai.

Salah satu usaha yang bisa dilakukan disemua kalangan masyarakat saat ini adalah Bisnis Jualan Online. Ini merupakan sebuah peluang usaha yang besar yang tidak memerlukan keahlian yang khusus. Cukup dengan bermodalan Ponsel dan Barang yang hendak di perdagangkan, maka seseorang bisa memperoleh suatu keuntungan. Barang yang diperjual belikan juga tidak harus baru, barang bekas pun asal masih bagus juga bisa diperdagangkan. Dengan catatan barang tersebut jelas pemilik dan asal usulnya. Produk berupa makanan-makanan buatan sendiripun bisa juga diperdagangkan online. Banyak dan sedikitnya keuntungan yang diperoleh itu tergantung bagaimana dan dimana kita pasarkan barang kita tersebut. Layaknya seorang penjual di pasar, kita harus bisa menarik hati konsumen kita agar mau melirik dan membeli barang tersebut. Selain itu, barang yang diperdagangkan merupakan barang yang menjadi kebutuhan masyarakat saat ini. Ditambah lagi kita jangan memasang harga yang terlalu tinggi hingga seseorang tak mampu membeli barang tersebut. Sebisanya barang itu berkwalitas dan harganya juga terjangkau.

Bisnis Jualan Online saat ini memang sedang menjamur di semua kalangan, tak terkecuali Ibu rumah tangga dan para pelajar. Mereka seolah ketagihan dengan hasil yang mereka dapatkan. Bisnis yang cukup mudah dilakukan ini juga mampu membantu perekonomian seseorang. Dengan berbisnis ini kita tidak perlu menyediakan tempat sebagai lapak untuk mempromosikan barang-barang kita. Kita cukup memajang foto di ponsel kita dan kitapun bisa mempromosikannya. Tapi memang tidak serta merta orang akan langsung tertarik dan membeli produk kita. Dibutuhkan kesabaran yang tinggi untuk kita menunggu para konsumen tersebut. Berbisnis online ini juga tidak menyita seluruh waktu yang kita miliki. Kita masih bisa tetap melakukan aktivitas lainnya sambil berbisnis ini. Seorang ibu rumah tangga misalnya ketika sedang ada waktu luang di rumah, mereka dapat membuka lapak online mereka. Begitupun dengan seorang pelajar di sela-sela waktu luang mereka, mereka bisa berbisnis sambil tetap bersekolah. Mereka setidaknya bisa memenuhi sedikit demi sedikit kebutuhan mereka tanpa meminta uang kepada orang tua mereka. Apalagi kita ketahui, peminat akan barang-barang tersebut berasal dari semua kalangan. Dan ini semakin membuat para pengusaha kecil ini semakin semangat untuk berbisnis online. 

Nilai kejujuran sangat dijunjung tinggi dalam kegiatan berjualan. Maksud kejujuran disini adalah barang yang kita perdagangkan harus jelas asal dan rupanya. Agar nantinya kedua belah pihak tidak ada yang merasa dirugikan. Transaksi yang dilakukan juga harus jelas. Sebisa mungkin penjual harus mampu memberikan kepuasan pada konsumen agar nantinya kembali membeli barang-barang dagangannya. Kasus yang ada, banyak konsumen yang tertipu dengan barang-barang online. Dan ini merupakan salah satu penyebab kenapa seseorang terkadang ragu untuk membeli produk-produk online tersebut. Dan tentu hal ini menjadi tugas besar bagi sang penjual, bagaimana caranya agar produk yang dipasarkan sama dengan produk yang diinginkan oleh konsumen. Dan tentunya barang harus berkwalitas dan harganya juga terjangkau. Dengan begitu, kita akan mendapat pelanggan yang banyak yang akan terus membeli produk-produk yang dipasarkan. Perlu di catat bahwa barang yang dipasarkan harus merupakan barang yang benar-benar menjadi kebutuhan masyarakat saat ini. Selain itu usahakan produk-produk yang kita pasarkan tersebut bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Banyak kita lihat di lingkungan sekitar, banyak yang meraup kesuksesan dari berbisnis online tersebut. Dan bahkan ada yang dapat membuka toko sendiri dengan modal awal yang tidak seberapa itu. Semua tidak terlepas dari ketekunan dan komitmen yang telah dia bangun selama ini. Kesabaran yang tinggi dan terus memasarkan produknya lambat laun akan mendatangkan hasil. Dan ini semakin memperjelas penglihatan kita bahwa berjualan online merupakan salah satu langkah kecil untuk seseorang bisa membuka tokoh sendiri. Manakala mungkin saat ini kita sedang terkendala dalam masalah pendanaan, berjualan online itulah salah satu solusinya. Dengan berjalannya waktu, ketika seseorang ahli dalam berbisnis tersebut, maka apa yang diharapkan akan mampu tercapai. Ketika bisnis kita mulai berada di jalur yang terjal. Kita harus bisa bertahan dan mencari solusinya. Bukan malah menyerah dan melepas semua begitu saja. Berkumpul lah dengan mereka yang ahli di bidang ini, agar pengetahuan kita semakin bertambah. Carilah dan lihatlah perjuangan orang-orang yang sukses dalam berbisnis online. Bagaimana suka dan duka yang telah mereka lalui selama ini hingga mencapai titik kesuksesan tersebut. Dengan itu akan membuatmu semakin bersemangat untuk terus berbisnis.
    
Ketika kita telah mampu meraih suatu tingkat yang dinamakan kesuksesan maka janganlah menjadikan kita sombong. Kita perhatikan orang-orang disekitar ligkungan tempat tinggal kita. Kita coba membuka sebuah peluang usaha untuk mereka yang membutuhkan. Dengan demikian kita akan mampu mengurangi tingkat pengangguran yang ada walaupun hanya sekian persen. Setidaknya para pelajar yang biasanya menghabiskan waktunya hanya untuk berkumpul dengan teman-temannya ketika libur sekolah. Dengan adanya usaha ini, mereka dapat tetap berkumpul dengan temannya sekaligus mereka bisa menghasilkan uang. Paling tidak mereka tidak meminta uang kepada orang tua jika hanya untuk keperluan pulsa dan uang jajannya. Apalagi jika hidup tengah-tengah keluarga yang kurang mampu, maka bisnis ini akan terasa sekali manfaatnya. Bukanlah kita akan merasa lebih bahagia dan berharga ketika kita bisa memberi manfaat bagi orang lain. Tak perduli besar dan kecilnya manfaat yang kita berikan, seseorang akan senang ketika kita mau membantunya.

Mulai sekarang berfikirlah untuk menjadi konsumen teknologi yang cerdas. Jangan hanya terbuai dengan kenikmatan semata. Berjam- jam bermain mobil lagend dan terkadang menghiraukan tugas sekolah. Dan mirisnya lagi sampai menghiraukan perintah orang tua. Ingat, jika kamu seorang pelajar tugasmu adalah belajar dan renungkanlah berapa banyak uang orang tuamu yang sudah mereka korbankan untukmu. Selain itu, kamu juga mempunyai tugas untuk selalu menaati semua perintahnya dan kamu wajib untuk membahagiakannya. Ketika kamu belum mampu memberikan sebuah benda yang berharga, kamu cukup selalu membuatnya tersenyum. Mungkin kita tidak akan bisa membalas semua jasa yang telah mereka berikan kepada kita. Tapi setidaknya kita bisa meringankan beban yang telah dipikulnya selama ini demi membesarkan dan membahagiakan kita. Sampai kapan kita terus meminta kepada mereka, sementara kita belum tentu mampu membahagiakannya. Dengan kita mulai berbisnis online ini, diharapkan kita mampu mengurangi permintaan kita pada mereka. 
    
Beragam kecanggihan teknologi saat ini harus mampu kita manfaatkan dengan baik. Tidak ada halangan untuk setiap orang membuka peluang berwirausaha. Banyaknya teknologi yang canggih saat ini akan mampu membantu seseorang untuk berwirausaha. Kembali lagi pada pribadi orang tersebut, apakah ada niat untuk melakukannya atau tidak. Jika ingin mengalami perubahan, maka seseorang harus berani bergerak dan memulainya dari diri sendiri. Jangan pupuk rasa malas dalam diri yang dapat merugikan kita nantinya. Selagi yang lain masih sibuk bermewah-mewahan dengan uang pemberian orang tuanya, kita harus bisa menghasilkan uang sendiri.  Jika kamu bisa melakukannya saat ini, kenapa harus menunggu hari esok. 


Biodata penulis:

Revi Nuraini. Pemilik hobi membaca dan menulis ini lahir di Baturijal, INHU, RIAU. Ia merupakan mahasiswa STAI MADINNATUN NAJAH RENGAT, RIAU. 

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index