SDS 023 Astra Agro Lestari, Kontribusi PT. TPP Terhadap Pembangunan SDM

Guru SDS 023 Astra Agro Lestari dan Siswa berprestasi berfoto bersama
INHU - SDS 023 Astra Agro Lestari merupakan salah satu Sekolah Dasar Swasta yang berada dibawah binaan Yayasan Astra Agro Lestari,
dalam hal ini adalah PT. Tunggal Perkasa Plantations dengan Administratur Ir Sumarno dan CDO Sukmayanto. Secara administrasi sekolah ini beralamat di Perum Oscar Baru PT. Tunggal Perkasa Plantations (TPP) Desa Jatirejo, Kecamatan Pasir Penyu, Kabupaten Indragiri Hulu.
 
Kepala SDS 023 Astra Agro Lestari, Sarwoko S.Pd mengatakan bahwa sekolah yang dipimpinnya tersebut didirikan pada awal tahun 2010 untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anak-anak karyawan PT. Tunggal Perkasa Plantations (PT.TPP) dan masyarakat sekitar serta sebagai salah satu bentuk kontribusi PT. TPP terhadap pembangunan kualitas sumber daya manusia di wilayah Desa Jatirejo, Pasir Penyu, Indragiri Hulu, Riau.
 
Dengan Visi “Menjadi Salah Satu Sekolah Terbaik Di Wilayah Kerja Perkebunan Setempat Peduli Pada Kelestarian Lingkungan Hidup Berbasis Pendidikan Karakter” dan Misi: Menyediakan pendidikan yang lebih baik untuk anak karyawan dan masyarakat sekitar. Mengembangkan kualitas lulusan dengan kemampuan yang tinggi di bidang akademik, inovatif, berkarakter yang baik dan peduli pada kelestraian lingkungan hidup.
 
Pada awal beroperasinya SDS 023 Astra Agro Lestari sudah memiliki enam lokal ruang kelas untuk menampung sekitar 75 orang siswa dan 5 tenaga Guru.  Setelah perjalanan beberapa tahun, jumlah siswa SDS 023 Astra Agro Lestari pada saat ini berjumlah 130 siswa, dengan jumlah tenaga pendidik sebanyak 10 orang guru. Jumlah ruang kelas sebanyak 6 ruang, yang dilengkapi dengan fasilitas 1 Lab Komputer, 1 lab sains, 1 perpustakaan, 2 ruang UKS, 1 unit urinair, 5 kamar mandi siswa, 2 kamar mandi guru dan 2 kantin.
 
Dengan jumlah siswa sebanyak 130, PT. TPP sebagai stake holder utama SDS 023 Astra Agro Lestari telah memfasilitasi sarana transportasi sebanyak 3 unit bus yang mampu menampung siswa SDS 023 Astra Agro Lestari berangkat dan pulang sekolah.
 
Selain kelengkapan dari aspek fasiltas, SDS 023 Astra Agro Lestari juga merupakan salah satu sekolah di Kabupaten Indragiri Hulu yang telah melengkapi persyaratan administratif sampai tingkat Kementerian Pendidikan Nasional sehingga pada tahun 2014 sudah terakreditasi dengan predikat akreditasi A. Selain itu SDS 023 Astra Agro Lestari juga sejak tahun 2010 sudah terdaftar di Kementerian Pendidikan Nasional dengan Nomor Statistik Sekolah (NSS) 101090403023 dan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) 10497511.
 
Dalam perkembangannya SDS 023 Astra Agro Lestari senantiasa berusaha untuk mencapai prestasi terbaik dalam bidang akademik maupun non akademik. Bukan hanya untuk tingkat kecamatan ataupun kabupaten saja tetapi dapat juga menembus sampai tingkat provinsi, bahkan sampai tingkat nasional dalam prestasi akademik dengan menjadi finalis Olimpiade Sains Kuark (OSK) sebanyak 2 siswa yang diselenggarakan di Jakarta. Dalam prestasi non akademik capaian tertinggi diraih dalam Lomba Sekolah Peduli Sanitasi dengan menjadi juara harapan 2 tingkat provinsi pada tahun 2015, pada tahun 2016 ini SDS 023 Astra Agro Lestari meraih sekolah Adiwiyata tingkat provinsi yang berhak maju untuk ikut lomba untuk meraih predikat Adiwiyata tingkat nasional pada tahun 2017 yang akan datang.
 
Capaian-capaian prestasi SDS 023 Astra Agro Lestari tersebut merupakan hasil kerja keras seluruh tim pendidik SDS 023 Astra Agro Lestari yang dengan uletnya melakukan pembinaan-pembinaan terhadap seluruh siswa melalui berbagai kegiatan diantaranya: klub sains, klub matematika, klub Bahasa Inggris, klub olahraga, klub seni, Pramuka, Polisi Lingkungan, Pojok Baca, Jurnalistik, Sentra Agama, UKS dan Dokter Kecil.
 
Mudah-mudahan capaian prestasi yang sudah diraih SDS 023 Astra Agro Lestari ini kedepannya bisa lebih ditingkatkan oleh seluruh komponen sumber daya manusia SDS 023 Astra Agro Lestari, melalui dukungan PT. Tunggal Perkasa Plantations, PT Astra Agro Lestari sebagai stake holder utama SDS 023 Astra Agro Lestari sehingga mampu menjadi salah satu sekolah yang dapat bersaing di tingkat lokal, regional dan nasional.**




[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar