Ajarkan Kekompakan

SDN 009 Kampung Pulau Gelar Tarik Tambang

SDN 009 Kampung Pulau Gelar Tarik Tambang
Nampak siswi SDN 009 Kampung Pulau semangat mengikuti lomba tarik tambang
RENGAT - SDN 009 Kampung Pulau, Kecamatan Rengat menggelar lomba tarik tambang antar kelas, Sabtu (17/12). Lomba yang diikuti oleh siswa dan siswi kelas IV, V dan VI ini digelar dalam rangka kegiatan Class Meeting.‎
 
Kepala SDN 009 Kampung Pulau, Petrus A.Md.Pd saat ditemui disela-sela lomba mengatakan bahwa ‎tarik tambang merupakan permainan olahraga tradisional yang mempergunakan seutas tambang dengan ukuran tertentu sebagai alat mengadu kekuatan untuk  saling menarik antara regu yang satu dengan regu yang lain. ‎Oleh karenanya, perlombaan tarik tambang ini sengaja dilaksanakan untuk melestarikan perlombaan tradisional di sekolah, serta melatih kekompakan bagi para siswa.
 
"Pada Class Meeting tahun lalu, kita juga gelar lomba tradisional makan kerupuk, lomba lari sendok kelereng dan lainnya. Untuk kali ini kita adakan tarik tambang," sebutnya.
 
Pada lomba kali ini, kata Petrus, melibatkan siswa kelas IV, V, dan VI, terbagi dalam dua kategori yakni putra dan putri. "Untuk komposisinya kelas IV terdiri dari 7 orang, kelas V terdiri dari 6 orang, dan kelas VI ada 5 orang per regu," jelasnya.
 
Menurutnya, sengaja komposisi per regu pada jenjang kelas berbeda jumlahnya, karena berkaitan tentang tenaga yang berbeda pula, makanya jumlahnya dibedakan. "Semua murid terlibat dalam kegiatan ini, meskipun ada yang tidak mengikuti lomba minimal mereka memberikan semangat kepada temannya yang mengikuti perlombaan, Alhamdulillah antusiasnya sangat luar biasa," terangnya.‎
 
Akhirnya pada lomba tersebut, untuk putra juara 1 diraih oleh kelas IVa, juara 2 kelas VIb, dan juara 3 kelas IVb. Kemudian untuk putri, juara 1 kelas VIa, juara 2 kelas Vb, dan juara 3 kelas VIb. (fan)

Berita Lainnya

Index