Pembukaan MTQ ke-49 Sangat Meriah, Pj Sekda Riau Salut Terhadap Pemkab Inhu

INHU - Sangat meriah, itulah kata yang paling tepat menggambarkan suasana pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) ke-49 tingkat Kabupaten Indragiri Hulu yang dipusatkan di Danau Raja, Rengat, Minggu 22 September 2019 malam.

Meski dalam kondisi diselimuti kabut asap, seakan tidak menyurutkan antusiasme masyarakat untuk datang menyaksikan seluruh rangkaian acara pembukaan.

Astaka yang terapung ditepian danau dengan sorotan lampu diberbagai sudutnya semakin melengkapi keindahan dan kemeriahan gelaran MTQ kali ini.

Pembukaan MTQ ini secara resmi dibuka langsung oleh Bupati Inhu H Yopi Arianto SE. Hadir juga dalam kesempatan itu, Pj Sekda Provinsi Riau Ahmad Syah Harrofie, Kepala Kantor Kemenag Riau H Mahyudin, MA, Ketua DPRD Inhu sementara Daniel Eka Perdana, Sekda Inhu Ir. H. Hendrizal M.Si, Kepala Kemenag Inhu H Abdul Karim serta para kepala OPD dan Camat se Inhu.

Rangkaian kemeriahan MTQ ke-49 dimulai dengan penampilan defile kafilah dari 14 kecamatan se Inhu, yang dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al Qur'an oleh qori terbaik Provinsi Riau tingkat nasional tahun 2014, Dr Magfiroh dan pembacaan doa oleh Kepala Kemenag Inhu H Abdul Karim.

"Sepanjang perjalanan gelaran MTQ tingkat kabupaten Inhu, baru kali ini dihadiri oleh pejabat provinsi Riau," ucap Bupati Yopi yang disambut riuh tepuk tangan.

Menurutnya, suksesnya kegiatan pembukaan ini tidak lepas dari kerja keras serta kerjasama berbagai pihak baik pemerintah dan utamanya masyarakat Kota Rengat.

"Saya ucapkan terima kasih. Semoga, dengan kemeriahan pembukaan gelaran MTQ ini berdampak pada kepercayaan pemerintah provinsi kepada Inhu sebagai tuan rumah penyelenggaraan MTQ tingkat provinsi tahun 2020 mendatang," jelasnya.

Sementara itu, Pj Sekda Provinsi Riau Ahmad Syah Harrofie mengaku salut serta memberikan apresiasinya terhadap Pemkab Inhu atas suksesnya penyelenggaraan MTQ ke-49 Kabupaten Inhu yang digelar di tepian danau raja.

"Serasa-rasanya tidak sedang berada di Kota Rengat. Angin sepoi-sepoi, saya jadi ingat tahun 2012 pembukaan Asian Games di Beijing," kata Harrofie yang juga menjabat sebagai Ketua Umum LPTQ Riau.

Apresiasi dan rasa salut khusus juga disampaikan Harrofie kepada Bupati Yopi atas keseriusannya untuk mempersiapkan penyelenggaraan perhelatan ini.

"Saya dengar, setiap rapat LPTQ yang dilaksanakan langsung dipimpin oleh Bupati H Yopi Arianto," ungkapnya.

Dijelaskan Harrofie bahwa MTQ Kabupaten Inhu ini menjadi MTQ ke 11 yang digelar oleh seluruh kabupaten kota se Riau jelang pelaksanaan MTQ tingkat provinsi yang akan digelar pada 23 November mendatang.

Ia berharap, seluruh qori dan qoriah kabupaten Inhu nantinya dapat berprestasi dalam penyelenggaraan MTQ ke-38 tingkat provinsi Riau.

Diketahui, dalam MTQ ini ada tujuh cabang dilombakan diantaranya tilawah, hifzil, MMQ, fahmil, kaligrafi, tafsir dan syarhil qur'an dengan diikuti sebanyak 352 peserta.

Selama dua hari berlangsungnya MTQ, nantinya beberapa lomba akan digelar di sejumlah lokasi baik masjid maupun sekolah yang berada sekitar lokasi MTQ.

Penyerahan piala bergilir dilanjutkan dengan pemukulan bedug oleh Bupati Yopi beserta pejabat lain, tandai pembukaan MTQ ke-49 kabupaten Inhu.

Kemeriahan malam pembukaan itupun, ditutup dengan penampilan tarian kolosal oleh gabungan siswa dan siswi YPAIR dan mahasiswa STIE Indragiri. (azi)


[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar