Bupati HM Wardan Ikut Berjibaku Padamkan Karbutla di Tempuling

INHIL - Bupati HM Wardan ikut berjibaku memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Parit Minang, Kelurahan Sungai Salak, Kecamatan Tempuling, Jumat (13/9/2019) pagi. 

Bupati juga didampingi Kepala Dinas Kesehatan, BPBD Inhil, Satpol PP dan TNI/Polri serta Camat Tempuling. Dengan mengenakan seragam lengkap BPBD, Bupati mengarahkan selang air ke area yang terbakar bersama-sama tim lapangan pemadaman kebakaran hutan dan lahan di sana.

"Kalau tidak segera dipadamkan secara tuntas, api ini bisa meluas dan membakar tempat lain," kata Bupati HM Wardan di sela aktifitas pemadaman api.

Bupati mengakui, proses pemadaman api sangat lah sulit. Hal itu dikarenakan kebakaran terjadi di lahan gambut. "Perlu strategi yang mesti diterapkan untuk memadamkan api di lahan gambut ini," tukasnya.

Bupati menyarankan agar pemadaman tidak hanya dilakukan melalui darat, melainkan juga melalui udara. "Pemadaman karhutla ini, selain dilakukan melalui jalur darat tetapi juga harus dilakukan melalui udara menggunakan water bombing (pemboman air)," ungkapnya.

Bupati berharap, penanganan kebakaran hutan dan lahan tidak hanya dilakukan oleh pihak Satgas Karhutla, partisipasi masyarakat serta korporasi yang bergerak di bidang perkebunan semestinya ambil andil.

Bupati mengapresiasi segenap anggota Satuan Tugas Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan yang telah berupaya memadamkan api dalam beberapa bulan terakhir. "Saya mewakili Pemkab Inhil dan masyarakat mengucapkan terima kasih kepada tim satgas yang telah berupaya maksimal, siang dan malam memadamkan api," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Bupati menyerahkan sejumlah masker dan oksigen kepada tim lapangan pemadaman kebakaran hutan dan lahan. (adv/diskominfo)
 


[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar