Dituding Makan Lobster Pakai Dana APBN, Menteri di Prancis Mundur

Dituding Makan Lobster Pakai Dana APBN, Menteri di Prancis Mundur
Menteri Lingkungan Hidup Prancis, Francois de Rugy (int)

Riaukarya.com - Menteri Lingkungan Hidup Prancis, Francois de Rugy mengundurkan diri dari jabatannya. Rugy yang merupakan salah satu orang terdekat Presiden Emmanuel Macron memilih mundur setelah muncul laporan yang menuduhnya makan malam lobster dengan uang negara atau APBN.

Rugy diketahui menjabat sejak September 2018 lalu. Dia mengumumkan mundur setelah sepekan beredar kabar dirinya makan lobster dengan uang negara. Kabar tersebut beredar di situs web sayap kiri Mediapart.

"Serangan dan hukuman mati tanpa pengadilan yang menargetkan keluarga saya memaksa saya untuk mengambil langkah mundur yang diperlukan," jelasnya, dilansir dari laman AFP, Rabu (17/7).

Sebelumnya, tersebar sejumlah foto yang menunjukkan Rugy dan istrinya tengah menikmati makan malam lobster dan sampanye di sebuah restoran mewah di Hari Valentine. Situs web itu menuduh peristiwa itu mengorbankan pembayar pajak.

Mediapart juga mengungkapkan, de Rugy telah mendapat manfaat dari sebuah apartemen di dekat kota asalnya Nantes di Prancis barat yang disewa dengan tarif khusus yang ditujukan untuk pekerja berpenghasilan rendah. Laporan lain merujuk pada pengering rambut 500 euro yang dibeli oleh istri Rugy dengan biaya publik dan renovasi apartemen pemerintah mereka dengan biaya 63.000 euro.

Atas berbagai tuduhan tersebut, Rugy membantah telah menggunakan uang negara untuk menu santap makan malamnya. Dalam sebuah kesempatan, dia mengatakan dirinya alergi lobster dan tidak menyukai sampanye karena membuatnya sakit kepala.

#Nasional

Index

Berita Lainnya

Index