Sambut Ramadhan Warga Danau Tiga Inhu, Gelar Doa Bersama

INHU - Warga masyarakat Dusun ll Desa Danau Tiga Kecamatan Rengat Barat Kabupaten  Indragiri Hulu (Inhu), Riau menggelar tradisi tahunan mengirimkan doa bersama untuk arwah leluhur dan keluarga yang sudah meninggal dalam rangka menyambut bulan Ramadhan 1440 Hijriyah.

Kegiatan doa bersama dilakukan warga masyarakat Desa Danau Tiga, di Masjid Attaqwa yang saat ini masih dalam tahap pembangunan, Ahad (5/5).

"Doa bersama digelar warga masayarakat desa danau tiga untuk mendoakan arwah leluhur, orang tua dan keluarga supaya mendapatkan keberkahan, yang terutama diberikan kesehatan, kemudahan ibadah dalam rangka menjalankan meraih pahala di bulan puasa Ramadhan," ujar Nurkhoiri selaku pengurus Masjid Attaqwa.

Membaca doa bersama jelang Ramadhan yang masih terpelihara di warga danau tiga selalu dilakukan turun temurun sejak dahulu.

Selepas membaca doa hingga diakhiri dengan acara makan bersama sekaligus silaturahmi antar warga masysrakat.

Nurkhiri mengakui, kegiatan membaca doa menyambut bulan puasa Ramadhan merupakan bentuk rangkaian ibadah dilakukan warga danau tiga untuk mengirim doa kepada leluhur, keluarga dan orang tua yang telah tiada.

"Dengan membaca doa tidak hanya memperoleh ketenangan jiwa tetapi dapat memberikan keberkahan dalam keluarga dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan yang penuh berkah, ampunan dan pahala berlipat ganda," katanya.

Sementara itu Joko Wariso sebagai Kepala Dusun ll mengucapkan, terimakasih kepada warganya, yang  selalu tetap kompak dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan, baik itu dari segi keagamaan, gotong-royong maupun dalam kegiatan lainnya.

Dia juga berharap, diberikan kelancaran terhadap warganya yang akan menunaikan ibadah puasa," Semoga kita semua di bulan puasa tahun ini selalu diberikan kesehatan, sehingga dapat melaksanakan ibadah puasa dengan lancar," harapnya.

Berdasarkan pantauan, selain berdoa bersama menjadi tradisi bersama masyarakat desa danau tiga, ziarah kubur dan membersihkan masjid juga  merupakan kegiatan rutin tahunan dilakukan warga dalam menyambut datangnya bulan puasa Ramadhan.(ris)
 


[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar