Jokowi Kaget Dengar Omzet Pedagang Muara Baru

Jokowi Kaget Dengar Omzet Pedagang Muara Baru
Jokowi terkejut mengetahui besar omzet yang didapat salah satu pedagang di Pasar Ikan Modern Muara Baru. (TEMPO)

Riaukarya.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi terkejut mengetahui besar omzet yang didapat salah satu pedagang di Pasar Ikan Modern Muara Baru. Adalah Jaya Rahmat alias Mamat, pedagang ikan yang mengaku bisa menjual 500 kilogram hingga 1 ton ikan dalam satu hari dengan omzet sekitar Rp 40 juta dalam satu hari.

"Itu ikan semua? Kaya raya dong?" tanya Jokowi saat berdialog dengan pedagang di Pasar Ikan Modern Muara Baru, Penjaringan, Jakarta, Rabu, 13 Maret 2019.

Jokowi pun tampak tidak percaya. "Satu malam Rp 40 juta, gimana enggak kaya raya. Kaya raya dong. Enggak pernah saya diantar ikan dari sini, sekilo saja enggak pernah diantar," katanya menambahkan.

Jokowi kemudian menanyakan perbedaan pasar ikan Muara Baru saat ini dengan kondisi sebelumnya kepada Mamat. "Alhamdulillah yang lama kumuh, yang baru bagus," ujar Mamat. Pedagang yang berjualan sejak 1991 itu juga mengatakan bahwa pasar ikan modern itu kini bersih, nyaman, dan tidak becek.

Sebelum menutup sambutannya, Jokowi pun meminta kepada pedagang ikan untuk menjaga kenyamanan, kebersihan, dan keamanan Pasar Ikan Modern Muara Baru. Penggunaan bangunan juga harus disertai pola kerja dan orientasi yang baik.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan bahwa jumlah ikan yang diperjualbelikan di sana bisa mencapai 400 ton per hari, dengan omzet Rp 10-12 miliar.

Pasar Ikan Modern Muara Baru diresmikan oleh Presiden Jokowi Rabu sore. Jokowi mengatakan bahwa sejak 2016, ia menantikan adanya pasar ikan modern yang bersih seperti Pasar Tsukiji di Jepang.

PIM terdiri dari 894 kios basah (wet market) dan 155 kios kering (dry market). Fasilitas lain yang terdapat di PIM yakni cold storage, food court, ruang pengepakan, Instalasi Pengolahan Limbah (IPALI), klinik, ATM , ruang pertemuan dan masjid.

PIM beroperasi mulai pukul 16.00 WIB hingga 00.00 WIB. Di sana konsumen dapat membeli berbagai jenis ikan. Ada udang, cumi, gurita, sotong, tuna, tongkol, cakalang, bandeng, jambal dan banyak lainnya. Pembeli juga dapat meminta ikan segarnya untuk diolah langsung menjadi masakan untuk disantap di food court lantai 3.***

#Nasional

Index

Berita Lainnya

Index