Bupati Wardan Lantik 7 Penjabat Kades Dari 3 Kecamatan

INHIL - Bupati Indragiri Hilir (Inhil) HM Wardan melantik 7 Kepala Desa dari 3 Kecamatan sekaligus. Pelantikan berpusat di Desa Danau Pulai Indah, Kempas. Jumat (26/10/2018).

Bupati melantik dari Kempas yaitu Kades Danau Pulai Indah, Sungai Rabit, Kertajaya, Kulim Jaya. Kecamatan Enok, Kades Bagan Jaya dan Jaya Bhakti. Sedangkan Kecamatan Tempuling hanya satu Kades yang dilantik, Desa Tunas Jaya. 

Pelantikan 7 Kepala Desa ini, Menurut Bupati Wardan, ini merupakan implementasi dan amanah Undang-Undang (UU) Nomor 6 tahun 2014 dan peraturan pemerintah nomor 43 tahun 2014 sebagaimana telah diubah dengan nomor 47 tahun 2015 tentang peraturan UU Nomor 6 tentang pemerintahan di desa. 

Lanjut Wardan, dalam peraturan tersebut,  diperintahkan bahwa bagi desa yang memiliki kekosongan pejabat Kepala Desa. Maka, didalam aturan itu wajib menunjuk atau mengangkat kepala desa. Baik itu, yang habis masa jabatan maupun yang telah diberhentinya kepala desa disebabkan mengundurkan diri atau ada sebab lainnya. 

"7 Kades yang baru saja lantik, dan baru diangkat menjadi pejabat tertinggi di desa. Saya berpesan, jaga amanah masyarakat desa. Bekerjalah sebagaimana yang diatur oleh UU desa," pesan Wardan. 

Dari 7 desa yang dilantik, 4 kepala desa karena habis masa jabatan. Sedangkan  3 desa lagi dikarenakan kepala desa mengundurkan diri untuk ikut calon pemilu legislatif 2019. 

Usai menyampaikan sambutan Bupati HM. Wardan juga menyerahkan penghargaan kepada 7 orang kepala Desa yang lama dan dilanjutkan pelantikan beliau juga menyerahkan zakat pola konsuntif berupa program bedah rumah. 

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan penandatanganan MoU antara Pemda Kabupaten Inhil dengan BAZNAS Inhil dalam pelaksanaan kegiatan dibidang pemerintahan dan kesejahteraan rakyat, perekonomian dan pembangunan di Kabupaten Inhil oleh Bupati HM. Wardan dengan Ketua BAZNAS Inhil Yunus Hasbi.

Pelantikan Penjabat Kepala Desa ini turut dihadiri, anggota dan Ketua Komisi 1 DPRD Inhil,  Ketua TP PKK Hj. Zulaikhah Wardan, Ketua BAZNAS Provinsi Riau dan Ketua BAZNAS Inhil, Camat dari tiga Kecamatan serta tokoh masyarakat. 

Pelantikan Penjabat Kepala Desa diawali dengan pelantikan Unit Pengumpul Zakat (UPZ) Kecamatan Kempas oleh Ketua BAZNAS Provinsi Riau H. Yurnal Edwar. (adv) 


[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar