Dovizioso Terjatuh, Marquez Juara Dunia MotoGP 2017

Dovizioso Terjatuh, Marquez Juara Dunia MotoGP 2017
Marquez / foto: net
weRiau.com - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, merebut gelar juara dunia MotoGP 2017 setelah sang rival, Andrea Dovizioso (Ducati), gagal finis pada balapan penentuan di Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, Minggu (12/11/2017).
 
Dovizioso yang harus menang untuk menjaga peluang juara terjatuh saat balapan berdurasi 30 lap tersisa enam lap lagi. Dia terjatuh di tikungan 8.
 
Marquez hanya finis ketiga. Namun, itu sudah cukup bagi Marquez untuk merengkuh titel MotoGP keempatnya.
 
Rekan setim Marquez, Dani Pedrosa, menjadi pemenang MotoGP Valencia. Dia mengalahkan pebalap Yamaha Tech 3, Johann Zarco.
 
Marc Marquez yang memulai balapan daripole position melakukan start sempurna. Dia memimpin selepas tikungan pertama diikuti rekan setimnya, Dani Pedrosa.
 
Di belakang duo Repsol Honda ada Johann Zarco yang menyalip Andrea Iannone di tikungan 11. Andrea Dovizioso melesat dari grid kesembilan ke posisi keenam membuntuti rekan setimnya Jorge Lorenzo.
 
Pada lap kedua, Zarco menyalip Pedrosa lewat manuver brilian pada tikungan 2 untuk menempati posisi kedua. Lorenzo juga menyalip Iannone di tikungan 6. Iannone lalu dilewati Dovizioso pada tikungan 11.
 
Zarco terus memburu Marquez. Dia akhirnya berhasil memimpin lomba setelah menyalip Marquez di tikungan 6 pada lap keempat. Sementara itu, Alvaro Bautista, Mika Kallio, Aleix Espargaro, dan Scott Redding terjatuh pada lima lap pertama.
 
Lorenzo dan Dovizioso terus mengitari sirkuit secara beriringan di belakang Pedrosa. Di depan, Marquez berusaha menjaga jarak dengan Zarco.
 
Pada lap ke-13, Ducati mengirim pesan 'Mapping 8' kepada Lorenzo. Saat menerima kode team order tersebut di Sepang, tak lama kemudian Lorenzo memberikan jalan kepada Dovizioso.
 
Namun, kali ini Lorenzo tak mengalah kepada Dovizioso. Lorenzo sama sekali tak memberikan sinyal akan melambat. Padahal tiga pebalap di depan semakin menjauh. Melihat hal itu, Ducati kembali mengirim pesan kepada Lorenzo, bukan cuma di dashboard tapi juga di pit board.
 
Pada lap ke-20, Marquez menyalip Zarco. Namun, Zarco berhasil kembali merebut posisi terdepan. Ducati terus mengirim sinyal kepada Lorenzo, tapi dia masih bergeming.
 
Drama terjadi saat balapan tersisa delapan lap lagi. Marquez berhasil menyalip Zarco di tikungan 14, tapi dia malah melebar saat memasuki tikungan 1. Namun, Marquez berhasil melakukan penyelamatan hebat sehingga tak terjatuh. Dia kembali ke trek di posisi kelima
 
Drama belum berakhir. Dua lap berselang giliran duo Ducati terjatuh. Pertama Lorenzo di tikungan 5, disusul Dovizioso di tikungan 8. Keduanya tak bisa melanjutkan balapan sehingga gelar juara dunia MotoGP 2017 dipastikan menjadi milik Marc Marquez.
 
 
Sumber: bola.com

#Moto GP

Index

Berita Lainnya

Index