Menangi MotoGP Australia, Marquez Selangkah Lebih Dekat dengan Gelar Juara Dunia

Menangi MotoGP Australia, Marquez Selangkah Lebih Dekat dengan Gelar Juara Dunia
Marc Marquez kian dekat ke takhta juara dunia usai memenangi Motogp Australia (Foto: Quinn Rooney/Getty Images)

Phillip Island - Marc Marquez memenangi balapan MotoGP Australia. Kemenangan ini mendekatkan pebalap Repsol Honda itu dengan gelar juara dunia tahun ini.

Marquez finis terdepan dalam balapan di Sirkuit Phillip Island, Minggu (22/10/2017). Start dari posisi terdepan, dia menuntaskan lomba dalam waktu 40 menit 49,772 detik.

Akan tetapi, Marquez tak meraih kemenangan ini depan mudah. Dia harus menjalani pertarungan sengit dengan Valentino Rossi, Maverick Vinales, dan Johann Zarco nyaris di sepanjang balapan.

Marquez akhirnya berhasil memenangi pertarungan tersebut dan tampil sebagai pemenang. Rossi harus puas menempati posisi kedua, sementara Vinales mengalahkan Zarco untuk merebut posisi ketiga.

Pada saat yang bersamaan, Andrea Dovizioso yang merupakan pesaing terdekat Marquez dalam perebutan gelar juara dunia cuma finis di posisi ke-13. Ini tentu sangat menguntungkan Marquez.

Marquez makin mantap di puncak klasemen pebalap dengan koleksi 269 poin. Dia unggul 33 poin atas Dovizioso yang berada di posisi kedua. Dengan dua seri tersisa, Marquez bisa saja mengunci gelar di Malaysia pada akhir pekan depan.

 


Jalannya Balapan

Marquez terlihat mengawali balapan dengan baik dan tetap berada di posisi terdepan. Tapi, Jack Miller yang start dari baris kedua muncul dari belakang dan merebut posisi Marquez. Hingga selesainya lap pembuka, Miller masih memimpin, disusul Marquez dan Vinales.

Sementara itu, Dovizioso melakukan kesalahan dan melebar di awal lap kedua. Hal itu membuat dia melorot ke posisi ke-20.

Marquez kehilangan posisi kedua usai dilewati Vinales. Dia kemudian turun ke posisi keempat karena juga disalip Rossi. 

Memasuki lap kelima, Rossi menyalip Vinales untuk menguasai posisi kedua. Di belakangnya menyusul Marquez, Zarco, dan Aleix Espargaro.

Pada lap berikutnya, Rossi dan Vinales menyalip Miller di sebuah trek lurus. Vinales mengungguli Rossi dan merebut posisi terdepan. Tapi, tak berselang lama Rossi gantian menyalip rekan setimnya itu.

Marquez melewati Vinales di sebuah tikungan untuk merebut posisi kedua. Vinales akhirnya melorot ke posisi keempat karena Zarco juga menyalipnya. Pada lap kedelapan, Zarco melewati Marquez dan berada di posisi kedua. Rossi masih terdepan.

Situasi itu tak bertahan lama. Rossi sedikit melebar sehingga dilewati oleh Zarco dan Marquez. Zarco pun memimpin balapan, diikuti Marquez dan Rossi.

Di lap ke-14, Rossi melakukan dua manuver apik. Usai menyalip Marquez di trek lurus, dia sukses mengambil alih posisi terdepan dari tangan Zarco di sebuah tikungan. Rossi pun kembali memimpin.

Pemimpin balapan kembali berubah di lap ke-17. Zarco menyalip Rossi untuk merebut posisi paling depan. Tapi, di lap berikutnya, Rossi kembali mengambil alih posisi tersebut.

Sebuah aksi di trek lurus mengantarkan Vinales ke posisi terdepan dan menyalip Rossi. Pada lap ke-20, terjadi kontak antara Marquez dan Rossi, yang membuat Rossi sedikit melebar. Rossi pun dilewati Marquez dan Andrea Iannone sehingga turun ke posisi keempat. Namun, Rossi mampu kembali ke posisi ketiga tak lama kemudian.

Marquez dan Vinales bertarung ketat memperebutkan posisi terdepan di lap ke-21. Vinales turun ke posisi ketiga usai disalip Rossi. Vinales bahkan sempat melorot ke posisi ketujuh usai melebar.

Dalam lima lap terakhir, Marquez relatif nyaman memimpin balapan. Persaingan sengit justru terjadi di belakangnya. Rossi, Zarco, Vinales, dan Iannone saling bertukar posisi.

Marquez akhirnya tak tertahankan dan menjadi pebalap pertama yang menyentuh garis finis. Rossi menyusul di posisi kedua. Kejadian dramatis terjadi ketika Vinales menyalip Zarco menjelang finis untuk merebut posisi ketiga.

Klasemen sementara MotoGP usai MotoGP Australia (15 besar):


1. Marc Marquez (Spanyol) Honda 269
2. Andrea Dovizioso (Italia) Ducati 236
3. Maverick Vinales (Spanyol) Yamaha 219
4. Valentino Rossi (Italia) Yamaha 188
5. Dani Pedrosa (Spanyol) Honda 174
6. Johann Zarco (Prancis) Yamaha 138
7. Jorge Lorenzo (Spanyol) Ducati 117
8. Danilo Petrucci (Italia) Ducati 111
9. Cal Crutchlow (Inggris Raya) Honda 103
10. Jonas Folger (Jerman) Yamaha 84
11. Alvaro Bautista (Spanyol) Ducati 70
12. Jack Miller (Australia) Honda 65
13. Aleix Espargaro (Spanyol) Aprilia 62
14. Scott Redding (Inggris Raya) Ducati 61
15. Andrea Iannone (Italia) Suzuki 60

Sumber : detiksport

#Moto GP

Index

Berita Lainnya

Index