Berpotensi Banjir, Paino Imbau Masyarakat Jangan Buang Sampah di Sungai

Kalaksa KPBD Inhu, Paino SP
INHU - Tingginya intensitas hujan yang terjadi di wilayah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) membuat sepanjang sungai Indragiri meningkat secara pesat. Untuk itu Kepala Pelaksana (Kalaksa) Penanggulangan Bencana Daerah (KPBD) Inhu, Paino SP menghimbau masyarakat agar tetap waspada dalam melakukan aktivitas apapun.
 
Dikatakan Paino, bahwa air sungai Indragiri jauh lebih meningkat dari pada batas normal sungai, ini bisa menjadi potensi terjadinya banjir akibat luapan sungai. Terlebih lagi dihimbau kepada para nelayan yang biasa mencari ikan di sungai tersebut.
 
"Saat ini sudah musim hujan, jadi ancaman banjir sudah di depan mata, saya juga telah melakukan himbauan melalui radio ternama di Inhu, maka itu dihimbau kepada masyarakat agar tetap hati-hati dalam melakukan aktivitas diluar rumah. Terutama kepada para nelayan yang mencari ikan di sungai," ujar Paino, Sabtu (7/10).
 
Dirinya juga menegaskan, banjir tidak hanya terjadi karena volume air yang tinggi tetapi juga bisa disebabkan karena banyaknya sampah yang tercemar di sungai maupun di saluran-saluran air yang bisa berpotensi banjir.
 
"Demi menghindari dari yang namanya banjir, kita himbau kepada masyarakat juga agar tidak buang sampah sembarangan. Jangan buang sampah disalurkan air, itu salah satu penyebab terjadinya banjir," tegasnya. (hrc)


[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar