Minyak Sawit Tumpah, Teluk Bayur Sumbar Tanggap Darurat

Minyak Sawit Tumpah, Teluk Bayur Sumbar Tanggap Darurat
Minyak sawit yang tumpah di perairan Teluk Bayur./ foto: viva
weRiau.com – Akibat adanya kebocoran pipa pada tangki penampung, sedikitnya 50 toncrude palm oil atau minyak sawit mentah milik PT Wira Innomas tumpah di perairan Teluk Bayur, Padang, Sumatera Barat, pada Kamis 28 September 2017.
 
Tumpahan minyak nabati murni yang diklaim pihak perusahaan bukan merupakan limbah tersebut saat ini tengah dalam proses pembersihan, agar cakupan cemaran tidak meluas di perairan Teluk Bayur
 
Dikatakan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat PT Wira Innomas, Gunawan, selain melakukan penyelidikan untuk mencari penyebab pasti kebocoran pipa tersebut, pihaknya saat ini juga sudah menetapkan masa tanggap darurat selama dua hari ke depan. 
 
"Masa tanggap darurat ini untuk menanggulangi dampak cemaran minyak mentah tersebut. Termasuk untuk membersihkan sisa tumpahan dari permukaan laut,"kata Gunawan.
 
Insiden bocornya pipa tersebut, lanjut Gunawan, di luar perkiraan. Sebab, perusahaan selalu memeriksa secara berkala terhadap kondisi mesin maupun peralatan pendukung operasional. 
 
Terpisah, Pelabuhan Indonesia (Pelindo) Teluk Bayur saat ini juga sudah melakukan upaya penanganan dan penanggulangan tumpahan minyak mentah tersebut, dengan cara membentangkan Oil Boom sepanjang 500 meter di lokasi tumpahan.
 
"Kami sudah pasang alat Oil Boom sebagai upaya penanganan, dan agar tumpahan minyak tidak mengganggu kapal lain. Sampai saat ini, aktivitas Pelabuhan Teluk Bayur masih normal dan lancar," kata Humas Pelindo Teluk Bayur, Muhammad Taufik 
 
Sementara untuk sanksi, Taufik menyebutkan, pihaknya masih akan melakukan koordinasi dengan Syahbandar Otoritas Pelabuhan (KAOP) kantor perwakilan Sumbar. 
 
 
 
Sumber: viva.co.id

#Nasional

Index

Berita Lainnya

Index