Peringati Tahun Baru Islam, YPAIR Bagi-bagi Telur Merah di Pawai Taaruf

Peringati Tahun Baru Islam, YPAIR Bagi-bagi Telur Merah di Pawai Taaruf
Pawai Taaruf YPAIR / foto: rpc
RENGAT - Sedikitnya 1.200 orang ikut serta dalam pawai taaruf keliling Kota Rengat dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1 Muharam 1439 Hijriah. Dalam pawai taaruf ini diberikan sebanyak 11 ribu telur rebus berwarna merah kepada warga yang ada di sepanjang jalan lintasan.
 
Kegiatan bernuasa Melayu Rengat ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT dan berharap keberkahan di awal tahun. Bahkan kegiatan ini, merupakan kegiatan rutin di tahun kelima yang diselenggarakan Yayasan Pendidikan Agama Islam Rengat (YPAIR). “Kegiatan ini diikuti oleh dosen, guru, karyawan, mahasiswa dan siswa yang mencapai sekitar 1.200 orang,” ujar Ketua YPAIR H Hazairin MA, Kamis (21/9).
 
Dijelaskannya, dalam pelaksanaannya terdapat 29 kelompok yang berasal dari masing-masing kelas dengan menampilkan pakaian sesuai temanya masing-masing. Iring-iringan peserta yang dibagian depan terdapat marching band, menjadikan semaraknya pelaksanaan pawai yang menjadi perhatian warga Kota Rengat.
 
Selain membagikan telur kepada warga sebagai bentuk rasa syukur, peserta pawai juga membaca Asma Allah. Hal ini sebagai salah satu bentuk pendidikan karakter kepada mahasiswa dan siswa yang harus ingat perintah dan larangan-Nya.
 
Untuk itu harapnya, melalui pelaksanaan acara rutin ini hendaknya dalam penyambutan tahun baru dengan penuh semangat dan berharap berkah dari Allah SWT. Begitu juga dengan kegiatan ini, hendaknya dapat sebagai pemacu bagi generasi muda Islam untuk terus terus berkaya dan kreatif dalam menghadapi globalisasi ini.
 
Ke depan kegiatan yang sama terus tetap akan dilaksanakan sebagai upaya melestarikan budaya Melayu Rengat dalam menyambut tahun baru Islam. “Kegiatan ini meneruskan tradisi masyarakat Melayu menyambut tahun baru Islam,” terangnya.
 
Sementara itu Camat Rengat Wagiman SSos Msi sebelum melepas peserta pawai menyampaikan apresiasi kepada pihak YPAIR. Karena kegiatan ini sebagai bentuk menyemarakan syiar Islam di Kota Rengat. “Kegiatan positif ini hendaknya terus dilesatarikan,” ujarnya.
 
Melalui kegiatan ini sebutnya, semangat dan harapan baru hendaknya dapat tercapai ditahun ini. Selain itu, dengan kegiatan ini hendaknya dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.
 
 
 
 
Sumber: riaupos.co

#Religi

Index

Berita Lainnya

Index