MUI Inhu Imbau Masyarakat Mampu Untuk Berkurban

MUI Inhu Imbau Masyarakat Mampu Untuk Berkurban
Ketua MUI Inhu, H. Tgk A. Wahab
INHU - Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) mengimbau masyarakat yang memiliki kemampuan agar mau berkurban pada Hari Raya Idul Adha, tahun ini. Makna kurban adalah kepasrahan, ketaatan dan kecintaan kepada Allah SWT melalui pelajaran yang ditunjukkan oleh Nabi Ibrahim AS.
 
“Kepada setiap pribadi yang berpunya (berkemampuan), mereka harus melaksanakan ibadah kurban. Hukumnya sunnah muakad, setahun sekali minimal satu ekor kambing  dengan usia tidak kurang dari 2 tahun,” ujar Ketua MUI Inhu H. Tengku Abdul Wahab kepada weriau.com, Ahad (27/8/2017).
 
Diterangkannya, melaksanakan kurban merupakan pelaksanaan tuntunan ajaran Islam yang diajarkan dari simbolisasi Nabi Ismail AS, putra Nabi Ibrahim AS yang harus disembelih karena perintah Allah SWT.
 
Makna yang terkandung dari pengorbanan tersebut adalah bahwa kecintaan manusia saat ini bisa saja berupa harta, kemewahan dan jabatan. Kerap kali,  manusia tidak rela atau enggan berkurban karena kecintaan itu dan mengabaikan kecintaan mereka kepada sang Pencipta alam semesta, Allah SWT.
 
Pria yang berasal dari Kecamatan Mandah, Kabupaten Inhil ini menjelaskan, semakin banyaknya umat muslim yang berkurban baik sapi maupun kambing, maka banyak fakir miskin yang bahagia pada Idul Adha itu.
 
Pahala yang didapat umat muslim yang berkurban diibaratkan sebanyak jumlah lembar bulu hewan yang disembelih itu. Selain itu, berkurban di Idul Adha sangat dianjurkan Rasul,  salah satunya untuk mewarisi syariat Nabi Ibrahim yang diteruskan hingga akhir zaman.
 
Karena itu, hewan kurban sangat dianjurkan satu orang berkurban satu ekor hewan atau setidaknya satu keluarga berkurban satu ekor hewan.
 
Lebih jauh Ia menjelaskan, dalam ajaran Islam, seorang muslim dapat mempersembahkan satu ekor kambing untuk satu orang yang berkurban atau satu ekor sapi untuk tujuh orang.
 
Agar niat berkurban berjalan baik, Umat Islam diimbau untuk memilih hewan kurban yang sehat, gemuk dan tidak cacat, yang pasti sesuai syariat Islam. (fer)

#Religi

Index

Berita Lainnya

Index