Satu-satunya di Riau, Alarm Persalinan Karya Bidan Desa Siak Terima Penghargaan Nasional

Satu-satunya di Riau, Alarm Persalinan Karya Bidan Desa Siak Terima Penghargaan Nasional
foto : frc
SIAK - Program alarm persalinan karya bidan desa Kecamatan Kerinci Kanan, Kabupaten Siak berhasil meraih penghargaan Top 40 inovasi pelayanan publik terbaik tingkat nasional 2017. Konsep alarm persalinan dibuat awalnya untuk menekan angka kematian bayi dan ibu yang masih cukup tinggi di wilayah itu. 
 
Sebelum meraih penghargaan Top 40, inovasi sang bidan berhasil masuk Top 99 Inovasi Publik tahun 2017. "Inovasi ini tercipta, karena angka kematian ibu dan bayi di Kecamatan Kerinci Kanan sangat tinggi. Karena itu, kami kemudian mencari cara untuk mengurangi angka tersebut. Sejak adanya alarm persalinan ini, angka kematian ibu dan bayi di Kecamatan Kerinci Kanan jauh berkurang," ujar Kepala UPTD Puskemas Kerinci Kanan Dr. Deasari, Sabtu (26/8/2018) di Siak.
        
Penghargaan diterima Bupati Syamsuar dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani di Stadion Manahan Solo Kota Surakarta, Jawa Tengah, Jumat kemarin sempena pembukaan perhelatan Pekan Kerja Nyata (PKN) Revolusi Mental tahun 2017. 
 
Menurutnya, alarm persalinan berbunyi itu menandakan adanya ibu di desa-desa Kecamatan Kerinci Kanan yang akan melahirkan.  
 
Bupati Syamsuar mengatakan, Siak menjadi satu-satunya daerah di Riau yang mendapatkan penghargaan tersebut. "Dari 3.054 Inovasi Pelayanan Publik yang ikut dan dinilai oleh Kementerian/Lembaga/Pemerintah Daerah dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMN), Siak berhasil masuk kedalam Top 40 Inovasi Pelayanan Publik terbaik Se-Indonesia. ini sebuah prestasi yang luar biasa," katanya.
 
Dikatakan, dengan adanya penghargaan ini diharapkan menjadi motivasi bagi Puskesmas lainnya yang ada di Kabupaten Siak dan juga OPD agar selalu berinovasi untuk meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat. "Nanti sewaktu lebaran haji, kami akan melaksanakan syukuran di Kecamatan Kerinci Kanan," katanya. (frc)

#Kesehatan

Index

Berita Lainnya

Index