Desa Sungai Intan Punya Festival Barokah

Desa Sungai Intan Punya Festival Barokah

 

INHIL - Sebanyak 45 tim ikut marakan Festival Bekaroh, Selasa (22/8/2017), Desa Sungai Intan, Kecamatan Tembilahan Hulu, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil).

 

Kegiatan yang dilaksanakan atas wujud tradisi Desa tersebut dibuka secara simbolis oleh Bupati Inhil HM Wardan MP.

 

Dalam sambutan Kepala Desa Sungai Intan Ahmad Effendi, S.Pd.I., mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan buah tradisi masyarakat yang turun temurun dilakukan.

 

Oleh sebab itu festival ini dilakukan guna lebih mentradisikan menangkap hasil sungai menggunakan peralatan tradisional tanpa merusak ekosistem.

 

Kemudian memupuk jiwa bergotong royong antar peserta dalam menangkap ikan. Serta mengajak masyakarat untuk tidak menggunakan bahan berbahaya untuk menangkap ikan.

 

" Mudah-mudahan event budaya Desa seperti ini semakin meningkatkan kesadaran masyarakat untuk selalu menjaga keseimbangan ekosistem alam, " Ujarnya

 

Sambutan Camat Tembilahan Hulu M Nazar, S.Sos., M.Si., mengatakan bahwa suskesnya kegiatan ini merupakan hasil tradisi dan buah rangan kreatif masyarkat Desa, sehingga terciptalah event budaya ini.

 

" Mari sukseskan jalannya festival bekaroh ini, " Ujar camat

 

Sementara itu Bupati Inhil HM Wardan MP mengatakan sangat mengapresiasi terhadap apa yang dilaksnakan masyarakat Desa Sungai Intan.

 

" Mudah mudahan event seperti ini semakin ditingkatkan dan sebagai aparat pemerintah kabupaten saya sangat mendukung event tradisi Desa seperti ini, " Ujarnya.

 

" Dari kegiatan saya mengajak ayo jaga sungai kita. Jaga ekosistem alam sungai kita. Jangan menangkap ikan menggunakan racun atau tuba. Karena dari cara tersebut merupakan hal yang sangat dilarang oleh undang undang. Karena dapat merusak seluruh ekosistem alam, " Tambahnya.

 

Turut hadir Kadis perikanan, Kadispora, Wakapolres Inhil, Camat Tembilahan Hulu, seluruh unsur Forkopimcam Tembilahan Hulu, Organisasi kewanitaan serta seluruh masyarakat Desa Sungai Intan.(Winda Anggini Putri)

Berita Lainnya

Index