Drama Kolosal Letda M Boya Kelahiran Kuala Enok

 

INHIL - Drama kolosal, perjuangan pahlawan Letda M Boya, usai Upacara bendera HUT RI ke 72 di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Kamis (17/8/2017).

 

Letda M Boya merupakan pahlawan kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang lahir di Kuala Enok, Kecamatan Tanah Merah, Kabupaten Inhil dan wafat pada tahun 1949.

 

Drama kolosal berdurasi 15 menit tersebut diperankan oleh Hendry, dari Sanggar Bengkel Kreasi Production. Dimana, drama perjuangan itu menceritakan agresi militer Belanda ke dua di Indonesia.

 

Berdasarkan perintah Jendral Sudirman kala itu, untuk dilakukannya perang Gerilya diseluruh Indonesia dalam mengusir penjajah Belanda. 

 

" Sosok Letda M Boya ini pahlawan yang berani menyerang pasukan Belanda seorang diri saat perang gerilya, " cerita Ari Musapia selaku Sutradara. 

 

Lanjutnya, garapan drama dengan waktu tiga minggu itu, dijelaskannya melibatkan langsung anggota TNI kodim 0314/Inhil dan anak-anak pramuka Wirakatika. 

 

" Teknik berperang langsung dilatih anggota TNI, " kata Ari.

 

Sementara itu pemeran Letda M Boya, Hendry mengungkapkan keraguannya saat ditunjuk sebagai pemeran utama dalam drama tersebut.

 

Untuk mendalami karakter sosok pahlawan M Boya, dikatakannya ia juga menyempatkan diri untuk membaca sejumlah buku yang menceritakan kisah beliau. 

 

Dan untuk mengenang jasanya, nama beliau diambil sebagai nama jalan di Kota Tembilahan, yakni Jalan M Boya yang membentang di pusat Kota.(Winda Anggini Putri)






[Ikuti RiauKarya.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar