Klasemen Akhir Grup B Piala AFF U16: Vietnam Juara, Final Idaman Lawan Indonesia OTW Tercipta

Klasemen Akhir Grup B Piala AFF U16: Vietnam Juara, Final Idaman Lawan Indonesia OTW Tercipta

Riaukarya.com - Inilah hasil akhir klasemen grup B Piala AFF U16 2024, yang juga mempengaruhi nasib dari Vietnam serta Timnas Indonesia.

Klasemen akhir grup B menempatkan Vietnam duduk di posisi puncak dengan koleksi tujuh poin dan surplus 19 gol.

Kondisi tersebut dipastikan setelah Vietnam meraup kemenangan besar atas Myanmar di laga terakhir grup, skor 5-1, Jumat (28/6/2024).

Sebaliknya saingan terketat dari Vietnam yakni, Kamboja, tak meraup kemenangan yang jauh lebih besar. Walhasil Vietnam berhak menempati posisi lebih baik, karena unggul selisih gol setelah koleksi poin maupun head to head keduanya berakhir imbang.

Pada klasemen akhir grup B, Vietnam mengoleksi surplus 19 gol. Sedangkan Kamboja hanya tujuh gol saja, yang enam gol di antaranya dicatatkan ke gawang Brunei Darussalam pada laga terakhir grup (skor 6-0). Walhasil Vietnam berhak lolos melalui jalur juara grup, serupa dengan Timnas Indonesia.

Yap, Timnas Indonesia lolos ke semifinal setelah meraup poin sempurna dari tiga kemenangan di grup A. Mulanya tim besutan Nova Arianto membekuk Singapura dan Filipina dengan skor serupa 3-0.

Sedangkan untuk Laos yang sempat menguntit ketat di tangga klasemen grup A akhirnya tak berdaya di laga terakhir setelah takluk dengan skor 6-1 atas Timnas Indonesia.

Hasil ini menempatkan Timnas Indonesia bebas hambatan menuju partai semifinal. Sedangkan Laos yang duduk di tangga runner-up dengan koleksi enam poin sempat punya harapan untuk lolos ke semifinal.

Namun berkat pertandingan di hari Jumat (28/6/2024), peluang dari Laos pupus setelah ambang batas peringkat kedua terbaik dipegang oleh Kamboja dengan koleksi 7 poin.

Sejalan dengan itu, memang tidak langsung memastikan Kamboja untuk lolos ke semifinal. Pasalnya terdapat persaingan dari grup C yang masih bisa merubah alur tiket kelolosan.

Yap, peserta dari grup C seperti, Australia, Thailand, hingga Malaysia masih punya kans untuk berjuang ke babak semifinal. Ketiganya masih bisa berebut status juara grup hingga posisi runner-up terbaik turnamen.

Dengan demikian bagan pertandingan semifinal Piala AFF U16 2024 masih bisa berubah tergantung tim dari grup mana yang menduduki predikat runner-up terbaik.

Namun yang jelas, bagan antara Timnas Indonesia dan Vietnam dipastikan bakal berseberangan dalam pertandingan fase knock-out.

Ibaratnya Timnas Indonesia dan Vietnam tinggal menunggu lawan saja di partai semifinal. Jika keduanya bisa memenangkan masing-masing partai semifinal, maka dipastikan partai final idaman Piala AFF U16 2024 antara Timnas Indonesia vs Vietnam bisa terjadi.

Partai final tersebut juga merupakan pengulangan dari edisi sebelumnya, tahun 2022.

Di mana Timnas Indonesia asuhan Bima Sakti berhasil menaklukan Vietnam dengan skor 1-0 di Stadion Maguwoharjo Sleman.***

Berita Lainnya

Index