Bupati Rohul Hadiri Pelantikan Pengurus MUI & Membuka Seminar Penyembelihan Hewan Qurban

Bupati Rohul Hadiri Pelantikan Pengurus MUI & Membuka Seminar Penyembelihan Hewan Qurban

ROHUL - Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman menghadiri pelantikan pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Rokan Hulu periode 2023-2028 sekaligus membuka kegiatan seminar Penyembelihan Hewan Qurban Secara Syariat. Acara ini berlangsung Kamis (13/06/2023) di aula lantai dua Gedung Haji Kemenag Rohul.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Rokan Hulu Novliwanda Ade Putra ST, MT, Ketua Harian MUI Provinsi Riau Drs. H. Afrizal DS, Kadis Kominfo H. Syofwan S. os, Kabag Kesra Setda Rohul Umzakirman, Ketua BAZNAS Rohul H. Baihaqi Adhduha, Lc, serta perwakilan dari LAMR Rohul, para ulama dan imam masjid, serta berbagai organisasi Islam lainnya.

Dalam sambutannya, Ketua Harian MUI Riau, Drs. H. Afrizal DS, menyampaikan harapannya, agar pengurus MUI yang baru dilantik dapat berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu dalam mempererat ukhuwah Islamiyah di tengah perbedaan yang ada di masyarakat.

"Kita berharap MUI Kabupaten Rokan Hulu yang baru saja dilantik dapat menjalankan visi dan misi MUI itu sendiri," jelas Drs. H. Afrizal.

Sementara itu, Bupati Rokan Hulu H. Sukiman menekankan peran strategis MUI dalam kehidupan beragama dan sosial bermasyarakat. Ia berharap MUI dapat menjadi pemandu umat dalam memahami dan mengamalkan ajaran Islam dengan benar di tengah dinamika kehidupan yang semakin kompleks.

"Di tengah dinamika kehidupan yang semakin kompleks, MUI diharapkan dapat menjadi pemandu umat dalam memahami dan mengamalkan ajaran Islam dengan benar," kata Sukiman.

Bupati Sukiman juga menekankan pentingnya peran MUI sebagai mitra pemerintah dalam mensukseskan berbagai program pembangunan, khususnya yang berkaitan dengan peningkatan kualitas kehidupan beragama di Rokan Hulu.

"Kami berharap, dengan dilantiknya ketua serta pengurus MUI yang baru ini, MUI Kabupaten Rokan Hulu akan semakin solid dan sinergis dalam menjalankan tugas dan kerjasama antara MUI dan Pemerintah Daerah, demi terciptanya masyarakat yang religius, harmonis, dan sejahtera," ungkap Bupati.

Selain itu, Bupati Sukiman mengajak MUI Rokan Hulu untuk memberikan pemahaman terhadap cinta tanah air kepada seluruh lapisan masyarakat, khususnya di Negeri Seribu Suluk.

"Berilah suasana sejuk dan kedamaian di tengah masyarakat kita yang berbeda, baik berbeda agama, suku, dan golongan. Apalagi saat ini menjelang Pilkada, kita harus dapat memberi ketenangan di tengah masyarakat," tegas H. Sukiman.

Acara pelantikan ini juga diisi dengan seminar tentang Penyembelihan Hewan Qurban Secara Syariat, yang diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai tata cara penyembelihan hewan qurban sesuai dengan ajaran Islam. Seminar ini menjadi sangat penting terutama menjelang Idul Adha, dimana penyembelihan hewan qurban merupakan salah satu ibadah yang sangat dianjurkan dalam Islam.

Dengan dilantiknya pengurus MUI yang baru, diharapkan sinergi antara MUI dan Pemkab Rohul akan semakin kuat dalam menciptakan masyarakat yang lebih religius dan harmonis, serta dalam melaksanakan berbagai program pembangunan yang berorientasi pada peningkatan kualitas kehidupan beragama.***

Berita Lainnya

Index