Hasil Final Championship Series, Persib Bandung Juara Liga 1 Setelah Mengalahkan Madura United 1-3 (agregat 1-6)

Hasil Final Championship Series, Persib Bandung Juara Liga 1 Setelah Mengalahkan Madura United 1-3 (agregat 1-6)

Riaukarya.com - Persib Bandung menjadi juara Liga 1 2023/2024 setelah keluar sebagai pemenang dalam hasil Final Championship Series kontrak Madura United di Stadion Gelora Bangkalan, Jumat (31/5/2024).

Pada laga leg kedua ini, Persib Bandung menang dengan skor 1-3 yang membuat agregat hasil Final Championship Series ini menjadi 1-6 untuk Maung Bandung.

Ketiga gol Persib Bandung pada laga ini dibuat oleh David Da Silva (60'), Marc Klok (86') dan Beckham Putra (90'+2).

Sedangkan satu gol balasan Madura United tercipta di menit-menit akhir melalui penalti Slamet Nur Cahyo.

Status Persib Bandung yang menjadi juara Liga 1 2023/2024 sekaligus memutus puasa gelar domestik yang dialami tim arahan Bojan Hodak ini.

Hal itu lantaran Persib terakhir kali menjadi juara Liga 1 pada 2014 silam. Persib Bandung memilih untuk tetap tampil all out saat bertandang ke markas Madura United di Gelora Bangkalan.

Hal itu sedikit mengejutkan Madura United yang juga langsung tancap gas sejak menit pertama. Maklum bagi Madura United yang harus mengejar ketertinggalan tiga gol dari Persib.

Persib langsung mendapatkan peluang pada menit keenam. David Da Silva menjadi sosok yang menebar ancaman ke gawang Madura United. Ia menyambut sebuah umpan sepak pojok dari Ciro Alves dengan sebuah sundulan.

Sayangnya sundulan yang dilakukan David Da Silva hanya membentur mistar gawang Madura United.

Tak ada peluang yang tercipta dari kedua kubu hingga menit ke-15. Meski demikian, Persib dan Madura tetap bermain terbuka.

Pada menit ke-23, gantian Ciro Alves yang melakukan tusukan ke dalam kotak penalti. Namun ia tak bisa menuntaskan tusukan tersebut lantaran terjatuh di dalam kotak penalti.

Wasit tak menilai itu sebagai pelanggaran dan melanjutkan pertandingan. Pada menit ke-40, Ciro Alves mendapatkan peluang emas. Ia berhasil menusuk kembali ke sisi kanan pertahanan Madura United.

Ciro sempat melepaskan sebuah tendangan mendatar ke arah gawang sembari menjatuhkan diri.

Namun sepakannya masih bisa dihalau oleh kiper Madura United. Skor tetap 0-0 hingga babak pertama berakhir.

Pada babak kedua, Persib Bandung bisa memecah kebuntuan. Berawal dari giringan bola dari Ciro Alves yang mendekati kotak penalti Madura United.

Pemain asal Brasil ini melepaskan tendangan keras ke arah gawang Madura United. Sepakannya ternyata tak bisa ditangkap dengan sempurna oleh kiper Lucas Frigeri. Hal itu membuat bola bergulir liar di dalam kotak penalti.

David Da Silva dengan insting tajamnya bisa menyambut bola muntah tersebut. Ia melakukan sontekan ke gawang Madura United untuk mengubah skor menjadi 0-1 untuk Persib Bandung pada menit ke-60.

Pada menit ke-87, Marc Klok membawa Persib Bandung menambah keunggulan. Ia menyambut umpan dari Ciro Alves untuk mengubah skor menjadi 0-2.

Persib menyempurnakan kemenangan menjadi 1-3 dengan gol Beckham Putra pada menit ke-90+2. Sebelum peluit akhir dibunyikan, wasit menghadiahkan penalti untuk Madura United setelah terjadi handball dari pemain Persib.

Slamet Nur Cahyo yang maju menjadi eksekusi akhirnya mengecilkan kekalahan Madura United menjadi 1-3. Maung Bandung pun menang dengan skor 1-3 dan berhak menjadi juara Liga 1 musim ini.*

 

#RiauKarya.com

Index

Berita Lainnya

Index