PT KAS Perbaiki Jalan Lintas Selatan Batang Cenaku yang Rusak

PT KAS Perbaiki Jalan Lintas Selatan Batang Cenaku yang Rusak

INHU - Ruas jalan lintas selatan (Jalinsel) di Kecamatan Batang Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu)-Riau kembali diperbaiki. Perbaikan jalan tersebut sumbangan material dari pabrik sawit PT Kharisma Agro Sejahtera (KAS) Batu Papan.

Sama seperti sebelumnya, kerusakan Jalinsel akibat dari curah hujan tinggi serta terjadinya banjir disejumlah ruas titik jalan, ketika air surut jalan menjadi hancur dan aktifitas rutin perbaikan jalan dilakukan menggunakan alat berat milik pabrik sawit PT KAS.

Sejak sepekan terakhir ini, terlihat pengerjaan Jalinsel di beberapa desa yakni Desa Batu Papan, Puntianai, DK2 hingga di Desa Aur Cina Kecamatan Batang Cenaku tersebut, tampak kembali diperbaiki menggunakan alat berat jenis doser dan bomak. Material batu yang ditimbulkan menggunakan doser kemudian dipadatkan menggunakan bomak.

Seperti terlihat Kamis (2/5/2024), perbaikan jalan terlihat di Desa Aur Cina bantuan dari pabrik sawit PT KAS.

"Perawatan jalan secara rutin ini dilakukan oleh PT KAS bentuk kepedulian perusahaan kepada masyarakat setempat, karena banyak terhambatnya akses transportasi masyarakat akibat jalan yang rusak parah," ujar Humas PT KAS Suherwin SH yang juga advokat pada LBH Pena Riau ini.

Perawatan Jalinsel di sejumlah desa di Batang Cenaku tersebut, bukan menjadi agenda rutin, namun dalam sebulan bisa saja dua sampai tiga kali material disumbangkan oleh pihak pabrik PT KAS dan perbaikan jalan dilapangkan juga menggunakan alat berat milik PT KAS.

"Dilapangkan masyarakat juga antuasias bergotoroyong mengatur antrian yang melintasi ketika alat berat sedang bekerja perbaikan jalan," ucap Suherwin.

Sejumlah badan Jalinsel masih tanah, akan rusak jika diguyur hujan lebat. Begitu jalan rusak, maka akan dilakukan servis jalan atau perbaikan jalan menggunakan alat berat milik PT KAS. "Kita menyumbangkan material batu, menurunkan alat berat dengan anggaran yang sangat besar tentunya," jelas Suherwin.

Selama perbaikan dan pengerjaan jalan, manajemen pabrik sawit KAS selalu bergerak sendirian, tanpa ada bantuan dari pihak korporasi lainnya. "Meski kami merasa berat, kami berharap adanya gotong royong dari korporasi yang ada di Kecamatan Batang Cenaku dalam perbaikan jalan rusak di Kecamatan Batang Cenaku," harapnya.

Selain pabrik sawit PT KAS, di Kecamatan Batang Cenaku terdapat juga unit bisnis pengolahan sawit dan perkebunan kelapa sawit, seperti PT Arpena, PT Mega Nusa, dan PT Tasma Puja serta korporasi lainnya yang juga menggunakan lintas Jalinsel.

"Ayo sama-sama kita perbaiki jalan ini, biar masyarakat kita tidak ada kendala lagi masalah jalan. Kami betul-betul berharap kerusakan jalan lintas di Batang Cenaku ini menjadi perhatian bersama perusahaan lainnya, karena kebun dan buah sawit mereka juga melintasi Jalinsel," tuturnya.

Dari manajemen pabrik sawit PT KAS, tampak Harta Susanto yang akrab di panggil Along turun langsung Kamis (2/5/2024) di Jalinsel Desa Aur Cina, Sejumlah alat berat masih berjibaku bekerja melakukan perbaikan dan pengerasan Jalinsel di Desa Aur Cina.(rilis)

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index