Tanggapan Masyarakat Tentang Poldes Membuat Kapolres Terkejut

Tanggapan Masyarakat Tentang Poldes Membuat Kapolres Terkejut
Dolifar Manurung

 

INHIL - Kapolres Indragiri Hilir (Inhil), AKBP Dolifar Manurung SIK, menceritakan bahwa dirinya pernah melontarkan pertanyaan kepada salah seorang masyarakat. Namun, jawaban masyarakat itu membuat ia terkejut. 

 

Saat itu, Dolifar berkunjung kesalah satu Desa, ia sempat melontarkan pertanyaan kepada masyarakat disana tentang Polisi Desa (Poldes), "Apakah Bhabinkamtibmas sering turun dan menyambangi masyarakat" dijawab oleh masyarakat tersebut tidak pernah.

 

Seketika saja Kapolres yang pernah menempuh pendidikan di SMPN 3 Tembilahan pada tahun 1990 ini terkejut mendengar jawaban masyarakat itu, dan mengartikan bahwa Bhabinkamtibmas Subsektor Pos Polisi di setiap Kecamatan kurangnya sosialisasi dan berbaur ditengah-tengah masyarakat. 

 

" Itu menunjukan kurangnya penyampaian para Bhabinkamtibmas, tentang peran dan tugasnya di Desa. Padahal sebenarnya, para Polisi yang bertugas Di desa seharusnya harus sering berbaur dengan masyarakat, " kata Dolifar 

 

Untuk itu, Dolifar memerintahkan para Bhabinkamtibmas, untuk lebih aktif mensosialisasikan apa itu Bhabinkamtibmas kepada masyarakat di daerah binaannya.

 

Padahal tugas pokok Bhabinkamtibmas (Pasal 27 Perkap No 3 Tahun 2015) adalah melakukan pembinaan masyarakat, deteksi dini dan mediasi/negosiasi agar tercipta kondisi yang kondusif di desa / kelurahan. 

 

Jika hubungan silahturahmi kepada masyarakat tidak tercipta, artinya proses pembinaan serta menciptakan kondisi kondusif sulit akan terlaksana ditengah-tengah masyarakat.(***)

Berita Lainnya

Index