Google Hapus Gmail Lebih Cepat, Lakukan Ini Agar Email Tak Hilang

Google Hapus Gmail Lebih Cepat, Lakukan Ini Agar Email Tak Hilang
Foto: CNBC International

JAKARTA - Akun Gmail yang tidak digunakan kurang dari dua tahun dilaporkan ikut dihapus oleh Google. Ini berbeda dengan pengumuman perusahaan tersebut pada akhir tahun lalu.

Saat itu, Google mengatakan akun Gmail yang tidak aktif selama dua tahun akan dihapus. Perlindungan dari pencurian data dan kejahatan siber jadi alasan kebijakan itu.

Namun hal berbeda ditemukan seorang jurnalis bernama Dave Winder. Dalam laporan Mirror Februari lalu, dia mengungkapkan akunnya yang tidak digunakan selama 8 bulan juga terancam dihapus Google.

"Anda menerima pesan ini karena akun Google Anda tidak digunakan selama 8 bulan," tulis pesan Google yang diterima Winder.

Pesan itu juga menuliskan cara Winder mempertahankan akunnya. Yakni dengan sign in atau masuk ke akun sebelum 20 September 2024.

Pesan Google itu diterima Winder pada Januari 2024. Artinya dia punya waktu sekitar 16 bulan sebelum akunnya benar-benar akun dihapus oleh Google, kurang dari 24 bulan yang diumumkan Google sebelumnya.

"Jika Anda ingin mempertahankan akun Google, sign in sebelum 20 September 2024, Google akun menghapus Akun Google dan data aktivitasnya," tulis Google.

Mirror saat itu juga menuliskan banyak orang yang mengalami kejadian serupa. Jadi nampaknya kejadian yang dialami Winder bukanlah kejadian yang tidak disengaja.

Jika Anda memiliki akun yang tidak aktif dalam jangka waktu tersebut, berikut cara mempertahankan agar tidak dihapus Google:

  1. 1. Manfaatkan akun Google untuk membaca atau mengirim email
  2.  
  3. 2. Gunakan Google Drive

  4. 3. Pakai untuk menonton video YouTube

  5. 4. Unduh aplikasi di Google Play Store

  6. 5. Menggunakan Google Search untuk browsing

  7. 6. Masuk dengan Google untuk masuk ke aplikasi atau layanan pihak ketiga.
  8.  

7. Selain itu, Anda bisa menggunakan akun Google untuk berlangganan Google One, publikasi berita, atau aplikasi. 

8. Selama anda menggunakan akun Google untuk berlangganan, akun Google dianggap aktif.

9. Selain itu, Anda bisa masuk ke Google Photos setiap 2 tahun untuk dianggap aktif
 

#Lifestyle

Index

Berita Lainnya

Index