Sempat Diguyur Hujan, Pawai Takbir Idul Fitri di Petalabumi Berlangsung Meriah

Sempat Diguyur Hujan, Pawai Takbir Idul Fitri di Petalabumi Berlangsung Meriah

INHU - Kades Petalabumi Sugiono didampingi Ketua Pengurus Masjid Jami' Nur Hidayah, H.Misran Khoyron, melepas peserta pawai takbir keliling Idul Fitri 1445 H/2024 M di halaman Masjid Jami' Nur Hidayah Desa Petalabumi, Kecamatan Seberida, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) Selasa malam, 9 April 2024.

Meski wilayah tersebut sempat diguyur hujan sejak sore hari, namun suasana pelepasan peserta pawai di halaman Masjid Jami' Nur Hidayah itu berlangsung cukup meriah. Kegiatan takbir keliling tersebut dilepas sekitar pukul 21.30 Wib, jadwalnya agak terlambat mengingat cuaca saat itu kurang bersahabat.

Namun demikian tidak mengurangi semangat para peserta takbir keliling yang pada saat itu. Pantauan media ini, ada sekitar 28 mobil, 18 mobil diantaranya para peserta yang menggunakan soundsystem berasal dari Masjid dan Musala yang ada di desa Petalabumi dan mobil Ambulance sebagai pemandu jalan.

Selebihnya ratusan pengiring yang menggunakan kendaraan roda dua, juga ikut serta dalam rombongan yang menjadikan suasana saat itu riuh gemuruh dengan alunan musik, beduk, serta menggemanya kalimat takbir yang mengagungkan asma Allah oleh para peserta.

Dalam sambutannya ketua pelaksana yang juga sekaligus ketua remaja Masjid Jami' Nur Hidayah, Fahmi, mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang turut berpartisipasi untuk memeriahkan acara takbir keliling tersebut.

Dan juga ucapan terimakasih disampaikan ketua pelaksana kepada pemdes Petalabumi dan pengurus masjid yang selalu mendukung dengan kegiatan takbir keliling disetiap tahunnya." Untuk tahun ini, dana yang terhimpun untuk kegiatan takbir keliling ini mencapai Rp 4 juta, jadi untuk para peserta yang ikut berpartisipasi, akan kita berikan uang pengganti minyak," ujar Fahmi.

Sementara itu, ketua pengurus masjid Jami' Nur Hidayah Petalabumi, H. Misran Khoyron mengajak seluruh masyarakat desa Petalabumi untuk terus menjalin ukhuwah dan memperkuat silaturrahmi melalui kegiatan tersebut.

"Atas nama pribadi maupun sebagai pengurus masjid, saya mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah kepada kita semua. Semoga Idul Fitri ini dapat kita jadikan sebagai momentum untuk meningkatkan tali silaturahmi diantara kita. Untuk itu, mari terus jalin ukhuwah dan perkuat silaturrahmi antar sesama kita,” ujar Misran berpesan dalam sambutan singkatnya.

Kepala desa Petalabumi, Sugiono A.Ma dalam sambutan singkatnya menyampaikan apresiasi, dimana kegiatan takbir keliling setiap tahunnya selalu diadakan.

" Malam ini walau dengan cuaca yang kurang mendukung, tapi masyarakat cukup antusias untuk menyambut hari Raya Idul Fitri yang jatuh pada hari Rabu 10 April besok. Apresiasi kami atas nama pemerintahan desa dan pribadi, saya berikan kepada panitia, para pengurus masjid serta para peserta takbir keliling, semoga kegiatan malam ini dapat ridho dari Allah SWT, dan menjadikan fahala bagi kita semua," harap kades.

Adapun rute yang ditempuh dalam takbir keliling tersebut, star dari halaman Masjid Jami' Nur Hidayah Petalabumi menuju desa Titian Resak, blok A dan kembali lagi ke desa Petalabumi. (sur)

Berita Lainnya

Index