Safari Ramadhan Di Desa Rawa Makmur, Wabup Rohul Ajak Masyarakat Lestarikan Sungai

Safari Ramadhan Di Desa Rawa Makmur, Wabup Rohul Ajak Masyarakat Lestarikan Sungai

ROHUL - Wakil Bupati (Wabup ) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), H. Indra Gunawan, melakukan kunjungan Safari Ramadhan ke Desa Rawa Makmur, Kecamatan Bonai Darussalam. Kunjungan yang dilangsungkan pada Rabu (20/3/2024) tersebut, diisi dengan serangkaian permohonan dan harapan dari masyarakat setempat, khususnya terkait pembangunan infrastruktur dan pelestarian lingkungan.

Dalam kunjungan ini, Wabup H. Indra Gunawan, di dampingi Ketua Gerakan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Rohul Ny.Sri Yulita Indra Gunawan yang juga di hadiri  Asisten I Setda Rohul H. Fhatanalia Putra, Kaban Bapenda Margono, Kadis Dukcapil Saiful Bahri, Kadis KB dr.Bambang Triono, Kadis Arsip Ir.Ruslan, Sekwan Sariaman, Plt. DPMPTSP Munandar.

Hadir juga Plt. Kadis Perhubungan Minarli, Plt. Tanaman Pangan dan Holtikultura Fisman Hendri, Plt. BPMPD Prasetyo, Sekretaris Kominfo Agus Salim, Sekretaris Ketahanan Pangan dan Perikanan Zulfikar, Kabag Tapem Adi Irawan, Kabag Umum Abdullah, Perwakilan Baznas Rohul Armen Z.A, Camat Bonai Elfitren Saputra, Kepala Desa Rawa Makmur Prayitno, serta Tokoh Agama dan Masyarakat Desa Rawa Makmur.

Kepala Desa Rawa Makmur, Prayitno, dalam kata sambutannya menyampaikan harapan untuk pembangunan kantor desa baru karena bangunan kantor desa saat ini di bangun sekitar tahun 80, Ia juga meminta untuk perbaikan infrastruktur jalan yang menjadi urat nadi ekonomi masyarakat setempat.

Selain itu, Ia juga menyampaikan untuk  pembangunan gapura pembatas desa, sebagai simbol identitas dan kebanggaan masyarakat Desa Rawa Makmur.

Sebelum menyampaikan kata arahannya, Wakil Bupati H. Indra Gunawan menyerahkan bantuan 40 paket sembako bantuan dari Baznas Rohul untuk fakir miskin, dana manfaat bagi anak yatim Rp. 10 juta, dan Rp. 5 juta untuk kain dhuafa.dan Al, Qur'an 25 buah.Ini menunjukkan komitmen pemerintah daerah dalam mendukung kesejahteraan masyarakat, khususnya di bulan Ramadhan.

Ada juga bantuan dari Dinsos Kabupaten Rohul untuk kaum dhu'afa berupa 3 Paket sembako, dan juga adanya bantuan dari BPR Rohul bersama PT Hutahaean berupa Paket Sembako.

Orang nomor dua di Kabupaten Rohul ini juga menegaskan bahwa permintaan pembangunan kantor desa baru akan menjadi prioritas utama di tahun 2025. Hal ini mengindikasikan pentingnya pembaruan dan peningkatan fasilitas publik untuk mendukung aktivitas pemerintahan dan masyarakat di Desa Rawa Makmur.

"Apa yang di sampaikan oleh Pak Kades tadi akan kita kedepankan dan akan menjadi prioritas kita untuk membangunnya, dan ini akan kita utamakan, agar nantinya pelayanan terhadap masyarakat bisa terlayani dengan lebih baik lagi," ujar Wabup.

Di sisi lain, Wabup juga menekankan pentingnya pelestarian lingkungan, khususnya sungai, yang merupakan sumber kehidupan penting bagi masyarakat setempat.

"Saya juga berharap kepada masyarakat yang mata pencaharian nya sebagai nelayan, untuk menghindari praktik-praktik penangkapan ikan yang merusak, seperti penggunaan racun atau alat setrum, yang dapat mengancam keberlanjutan sumber daya ikan di daerah kita ini," pesannya.

Pesan tersebut tidak hanya ditujukan untuk masyarakat Desa Rawa Makmur saja, tetapi juga seluruh masyarakat Kecamatan Bonai Darussalam, untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan alam, demi keberlanjutan kehidupan dan kelestarian sumber daya alam di Kabupaten Rokan Hulu.

"Kalau kita bisa menjaganya dengan baik makan hasilnya bisa juga dirasakan oleh anak cucu kita nantinya," pungkasnya mengakhiri.

Kunjungan Safari Ramadhan ini menandai komitmen pemerintah daerah dalam mendengarkan dan menindaklanjuti aspirasi masyarakat. Ini juga menjadi kesempatan bagi pemerintah dan masyarakat untuk saling berkomunikasi dan bekerja sama dalam mencapai pembangunan yang berkelanjutan dan kesejahteraan bagi seluruh warga masyarakat Rokan Hulu.***

Berita Lainnya

Index