Waduh ... Arab Saudi Tegur Pemerintah Indonesia Karena Jamaah Haji Suka Merokok

Waduh ... Arab Saudi Tegur Pemerintah Indonesia Karena Jamaah Haji Suka Merokok
Jamaah haji berangkat dari bandara Juanda (DIPTA WAHYU/JAWA POS)
weRiau.com - Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengungkapkan angka perokok di kalangan calon jamaah haji (CJH) yang begitu tinggi. Tak heran jika jumlah perokok pemula dan usia remaja 15-16 tahun terus bertambah. Para orang tua tidak memberi keteladanan kepada buah hatinya. 
 
Padahal, rokok menjadi pemicu berbagai penyakit salah satunya Penyakit Jantung Koroner (PJK), hipertensi, hingga gagal ginjal. Nila menyebutkan, angka yang begitu fantastis saat dia mendampingi senam jantung para calon jamaah haji. 
 
"Bayangkan, jamaah haji itu saya dampingi senam jantung. Dari 10 orang laki-laki, 8 di antaranya merokok," ungkap Nila di Balairung Universitas Indonesia (UI) Kampus Depok, Senin (31/7).
 
Perilaku itu tentu akan bermasalah di tanah suci. Nila mengatakan pemerintah Indonesia kerap mendapatkan teguran dari pihak Arab Saudi karena para jamaahnya gemar merokok. 
 
"Yang dimarahin pemerintah Indonesia. Kenapa enggak larang merokok? Lho wong sudah disuruh enggak mau dengar," tukasnya. 
 
Apalagi para calon jamaah haji rata-rata berusia lansia. Sehingga mereka rentan terpapar risiko penyakit karena daya tahan fisik yang lemah di tengah cuaca panas di atas 40 derajat. 
 
"Yang naik haji itu sebanyak 60 persen risiko sakit. Lansia paling banyak, rentan sekali," katanya. 
 
Jumlah lansia di Indonesia mencapai 20 juta. Dan diprediksi akan meningkat dua kali lipat di tahun 2045.
 
"Mereka tak produktif apalagi jika tak jaga kesehatan. Lansianya sakit-sakitan. Umur 60 ada keluhan penyakit enggak? Mereka yang mengeluh lebih dari 50 persen," ungkap Nila.
 
 
Sumber: jawapos

#Religi

Index

Berita Lainnya

Index