IPPAK Kembli Akan Gelar Ivent Pacu Jalur Mini

IPPAK Kembli Akan Gelar Ivent Pacu Jalur Mini

INHU - Ikatan Pemuda Pemudi Pangkalan Kasai (IPPAK), Kecamatan Seberida, Kabupaten Idragiri Hulu (Inhu), Riau, bersama pemerintah setempat, kembali akan menggelar acara tahunan Pacu Jalur Mini, yang akan berlangsung pada hari raya kedua dan ketiga Kamis dan Jumat, tanggal ( 11-12/4/2024).

Untuk mempersiapkan acara tahunan tersebut tentunya segenap panitia pelaksana dan masyarakat serta pemerintahan kelurahan Pangkalan Kasai, akan melaksanakan giat berupa gotong-royong (goro).

"Untuk memaksimalkan persiapan, dalam waktu dekat ini kami akan gelar kegiatan pelaksanaan gotong - royong dalam rangka persiapan iven pacu sampan yang akan ditaja oleh Ikatan Pemuda Pemudi Pangkalan Kasai (IPPAK), yang akan dilaksanakan pada hari raya kedua dan hari raya ketiga, tepatnya pada tanggal 11 dan 12 April 2024," ujar Asmar SH.

Ketua pelaksana kegiatan Wira Hadi Putra melalui Humas Asmar SH, saat dikonfirmasi mengatakan, bahwa kegiatan iven pacu sampan ini sudah dilaksanakan puluhan tahun silam, oleh nenek moyang terdahulu sehingga iven ini sudah sangat kental baik itu dengan masyarakat setempat maupun masyarakat diluar Kecamatan Seberida.

Bahkan kata Asmar, iven pacu sampan IPPAK ini sudah diwacanakan sebagai agenda tahunan untuk tingkat Kabupaten Inhu. Karna kalau dilihat dari tahun ke tahun pelaksanaannya cukup meningkat dengan banyaknya penonton dan peserta yang ikut dalam iven ini.

Namun untuk tahun ini masih kata Asmar, sponsor pendukungnya sangat minim sekali, baik dari swasta maupun dari pemerintah kabupaten. Sehingga kami sangat kesulitan untuk mencari dana maupun donatur yang akan mendukung kegiatan yang sudah membudaya ini.

Meski begitu, saya sangat optimis, meski tanpa adanya bantuan dari pemerintah kabupaten, kami berharap gelaran pacu sampan nanti dapat berjalan sukses sesuai dengan rencana.

"Saya berharap juga untuk tahun depan, ada kiranya untuk penganggaran dan dibahas oleh pihak DPRD Inhu maupun Disporapar Inhu, agar bahkan ivent ini terlihat lebih Wah dimata luar kabupaten Inhu, " harap Asmar.

Ditempat terpisah tokoh pemuda Pangkalan Kasai Repi Putra Yandi SH mengatakan, memang iven pacu sampan yang ditaja oleh IPPAK merupakan iven yang sudah membudaya dan sudah lekat di masyarakat. Karna momennya bertepatan juga dengan hari raya, jadi sangat cocok sekali sebagai hiburan bagi masyarakat khususnya yang merayakan hari raya Idul fitri sambil bersilaturahmi.

Tokoh muda ini berharap juga, dengan adanya iven ini yang bertepatan dengan hari raya Idul Fitri, dapat dijadikan ajang silaturahmi antar peserta buksn hanya sekedar melihat kemenangan."Disisi lain kita juga berharap ada dukungan dari semua pihak, agar pelaksanaannya menjadi meriah dan bisa juga sebagai objek wisata olahraga khususnya untuk kecamatan Seberida dan pada umumnya untuk Kabupaten Inhu,” tutupnya. (sur) 

Berita Lainnya

Index