Jangan Keliru, Ini Waktu Terbaik untuk Olahraga saat Puasa

Jangan Keliru, Ini Waktu Terbaik untuk Olahraga saat Puasa
Ilustrasi olahraga. Shutterstock/Warren Goldswain

RiauKarya.com - Ketika berpuasa, seseorang tidak boleh makan dan minum dari pagi (subuh) hingga sore hari (maghrib). Hal ini akan membuat tubuh lemas, hingga akhirnya malas berolahraga.

Nathanael Yoga selaku influencer dan The New L-Men of The Year 2023 menyarankan dua waktu terbaik untuk berolahraga saat sedang berpuasa.

“Kalau mau paling ideal itu sebenernya menjelang buka atau setelah buka,” kata Nathanael saat ditemui di Stadion Utama GBK beberapa waktu lalu.

Dia menjelaskan, ketika olahraga dilakukan setelah berbuka puasa, maka kita harus memberi jarak antara waktu makan dan waktu olahraga. Jangan terlalu berdekatan.

“Dikasih jarak dulu tentunya sesudah makan. Kayak mungkin satu jam boleh, minimal satu jam baru olahraga,” ucap Nathanael.

Namun, Nathanael mengingatkan untuk tidak olahraga mendekati waktu tidur. Sementara jika olahraga sebelum berbuka, maka akan memberikan perasaan bahagia tersendiri. Karena olahraga menaikkan hormon endorfin.

“Tapi kalo memang motivasinya ada pas sebelum puasa gitu ya, boleh lebih baik saat puasa. Karena ya, abis kita olahraga kan ada hormon endorfin yang bikin kita bahagia, ada rasa puas, abis itu ditambah lagi kita berbuka,” ucap Nathanael.

Tidak hanya itu saja, dalam kesempatan ini, Nathanael juga menyampaikan olahraga yang ideal saat bulan Ramadhan. Dirinya mengatakan olahraga kardio dan strength sangatlah baik. Namun, untuk cabang olahraganya akan dikembalikan ke diri masing-masing.

“Olahraga kardio dan beban. Karena dua-duanya bagus. Kardio fokus melatih jantung dan menambah stamina. Tapi latihan strength kita kuatkan otot dan juga bakar lemak. Dua-duanya bagus,” ucap Nathanael.

“Satu minggu tuh ada latihan strengthnya, ada latihan kardio. Nah kalo mau spesifik cabang olahraga apa. Itu aku kembali ke orangnya. Dia lebih suka di mana. Karena setelah mereka suka maka akan enjoy melakukannya,” tuturnya.
 

#Lifestyle

Index

Berita Lainnya

Index