Debit Air Naik, PLTA Koto Panjang Tambah 2 Bukaan Pintu Waduk

Debit Air Naik, PLTA Koto Panjang Tambah 2 Bukaan Pintu Waduk

PEKANBARU - Manajemen PLTA Koto Panjang, Kabupaten Kampar, Riau akan melakukan penambahan dua bukaan pintu pelimpahan (Spillway Gate), Jumat (8/3/2024) pukul 11.00 WIB.

Penambahan bukaan pintu waduk ini setelah sebelumnya PLTA Koto Kampar melakukan pengurangan bukaan pintu waduk dari ketiga pintu menjadi satu pintu.

Manager PLTA Koto Panjang, Cecep Sofhan Munwar mengatakan penambahan bukaan pintu pelimpahan ini dilakukan sehubungan dengan naiknya debit air masuk (inflow) dan elevasi waduk PLTA Koto Panjang.

"Kami informasikan PLTA Koto Panjang akan melakukan penambahan bukaan pintu pelimpah air waduk (Spillway Gate), yang sebelumnya di posisi 1x50 Cm akan ditambah bukaan pintu pelimpah sebesar 2x50 Cm," kata Cecep, Jumat (8/3/2024).

Dengan pengurangan bukaan pintu tersebut, lanjut Cecep, maka total bukaan PLTA Koto Panjang menjadi 3x50 Cm. Maka dengan pengurangan bukaan pintu itu, perkiraan terjadi penurunan air permukaan sungai sebesar 20-25 cm dari kondisi terakhir.

"Adanya penambahan bukaan pintu waduk, maka kondisi PLTA Koto Panjang saat ini
Elevasi 83.64 Mdpl, Outflow Turbine: 276.37 m3/s, Outflow Spillway 1x50 Cm : 78.67 m3/s. Sehingga total Outflow: 355.04 m3/s dan Inflow Waduk: 508.83 m3/s," tutupnya.

Untuk diketahui, penambahan bukaan pintu waduk ini maka permukaan air Sungai Kampar akan naik sebesar 20-25 Cm dari kondisi terakhir. Karena itu masyarakat yang tinggal di sepanjang aliran sungai Kampar diimbau untuk waspada.***

#Pekanbaru

Index

Berita Lainnya

Index