BPJS Ketenagakerjaan Rengat Gelar Aktivasi Pasar Kerja Keras Bebas Cemas Di Pasar Rakyat Kota Rengat

BPJS Ketenagakerjaan Rengat Gelar Aktivasi Pasar Kerja Keras Bebas Cemas Di Pasar Rakyat Kota Rengat

INHU - BPJS Ketenagakerjaan Cabang Rengat melakukan kampanye kerja keras bebas cemas di Pasar Rakyat Kota Rengat pada Rabu, 27 Desember 2023.

Kegiatan ini dikemas dengan pembagian souvenir dan pengundian doorprize menarik bagi masyarakat yang mendaftar langsung di tempat. Kegiatan ini di dampingi oleh Disperindag Kabupaten Indragiri hulu yang diwakili oleh Kepala Bidang pasar bapak Chandra Toni. Kemudian dilakukan siaran langsung dari lokasi melalui siaran Radio SWAI FM, siaran live radio wawancara interaktif antara pedagang bersama Disperindag Kabupaten Indragiri Hulu dengan Kepala Kantor Cabang secara langsung.

Bapak Toni mengatakan, kerjasama dan dukungan kegiatan antara Disperindag Indragiri Hulu dengan BPJS Ketenagakerjaan Rengat sudah terjalin lama, ini adalah kegiatan lanjutan dari beberapa program yang sudah dijalankan. Ia mengharapkan masyarakat sadar akan pentingnya BPJS Ketenagakerjaan bagi masyarakat.

"Hari ini, kami BPJS Ketenagakerjaan Rengat beserta tim dari Disperindag Indragiri Hulu membuka booth di Pasar Rakyat Kota Rengat, untuk melakukan edukasi dan sosialisasi program dan manfaat BPJS Ketenagakerjaan," kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Rengat Rulli Jaya Santika.

Ia mengatakan kegiatan kampanye kerja keras bebas cemas sudah kita mulai sejak 20 Oktober 2022 dan dilakukan secara bertahap di 122 kantor cabang di seluruh Indonesia.  BPJS Ketenagakerjaan yang tersebar di seluruh Indonesia, selain sosialisasi di lapangan, edukasi juga dilakukan melalui radio di setiap Kantor Cabang tersebut.

BPJS Ketenagakerjaan sedang gencar melakukan sosialisasi masif kepada pekerja bukan penerima upah (pekerja informal) antara lain seperti pedagang.

Aktivasi kerja keras bebas cemas ini adalah untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat pekerja dan keluarga. Tujuannya untuk bisa bekerja bukan hanya dengan semangat tetapi juga dengan tanpa rasa khawatir dan cemas saat melakukan aktivitas pekerjaan sehari-hari," ungkap Rulli.

Pendekatan ini dinilai tepat karena ekosistem pasar memiliki pekerja Informal atau peserta bukan penerima upah (BPU) yang mayoritas belum memahami pentingnya perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan. Hal ini merupakan upaya persuasif kami untuk mengajak para pedagang menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan dengan cara mengimbau mereka, memberikan penjelasan untuk menumbuhkan kesadaran pentingnya memiliki perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan atas risiko pekerjaan yang akan terjadi.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak atas dukungan penyelenggaraan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan dan berjalannya kampanye kerja keras bebas cemas di Pasar Rakyat Kota Rengat," katanya.

Rulli mengatakan negara melalui BPJS Ketenagakerjaan ingin memastikan seluruh pekerja Indonesia sejahtera, mereka dapat bekerja secara keras dan optimal, risiko yang mungkin timbul dari pekerjaan silahkan alihkan kepada BPJS Ketenagakerjaan.(Uzan) 

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index