Penutupan MTQ XLI Riau di Inhu Meriah dan Sukses

Penutupan MTQ XLI Riau di Inhu Meriah dan Sukses

INHU - Puncak helat penutupan Musabaqoh Tilawatil Qur'an (MTQ) XLI tingkat Provinsi Riau di astaka utama Kawasan Wisata Danau Raja Rengat berlangsung meriah dan sukses, Sabtu (18/11/2023) malam.

Bahkan, antusias ribuan warga ikut menyaksikan acara puncak tersebut dan menjadikan kawasan wisata Danau Raja Rengat menjadi lautan manusia. Warga sudah mulai memadati kawasan wisata Danau Raja Rengat sejak sore. Sehingga sejumlah jalan di sekitar kawasan wisata Danau Raja Rengat padat merayap. Sementara pelaksanaan MTQ XLI ini berlangsung sejak Sabtu (11/11/2023) pekan lalu.

Sejumlah pejabat Pemerintah Provinsi Riau hadir pada acara tersebut, seperti Plt Gubernur Riau, Edy Natar Nasution SIP diwakili oleh Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau, Drs H Masrul Kasmi MSi beserta Forkompinda Riau, Ketua LPTQ Provinsi Riau, Kakanwil Kemenag Provinsi Riau dan lainnya.

Selain itu, Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi SE didampingi Wabup Inhu Drs H Junaidi Rachmat MSi, Forkompinda Inhu serta pejabat lainnya yang ada di Kabupaten Inhu. Bahkan pada acara penutupan tersebut juga dihadiri bupati dan walikota se-Riau.

Berdasarkan keputusan dewan hakim, Kabupaten Bengkalis dinobatkan sebagai juara umum pada helatan akbar MTQ XLI ini. Bupati Inhu, Rezita Meylani Yopi SE pada kesempatan itu menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berdedikasi, bekerja keras dan berperan aktif atas penyelenggaraan helatan MTQ XLI.

Rezita Meylani Yopi juga menyampaikan tentang pemilihan lokasi MTQ pada tahun ini di tepian Danau Raja yang merupakan danau kebanggaan masyarakat Kabupaten Indragiri Hulu. Di mana Danau Raja adalah satu di antara dua danau yang ada di Indonesia yang berada tepat di tengah kota.

Keunikan Danau Raja, sebutnya, pada musim kemarau airnya tidak pernah kering. Kemudian pada musim hujan, air di Danau Raja tidak pernah melimpah dan airnya tetap sepanjang masa. Bupati juga menyampaikan permohonan maaf apabila terdapat banyak kekurangan dari segi pelayanan, serta kenyamanan para tamu yang datang ke Kabupaten Inhu.

"Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Inhu mengucapkan selamat kepada seluruh peserta yang telah berhasil meraih juara pada MTQ XLI tingkat Provinsi Riau di Kabupaten Inhu," tutupnya.

Mewakili Plt Gubernur Riau, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Provinsi Riau, Drs H Masrul Kasmi MSi mengucapkan tahniah kepada peserta dalam capaian prestasi gemilang pada tahun ini dan dapat dijadikan motivasi untuk terus mengasah serta meningkatkan kemampuan kepada peserta yang belum meraih prestasi gemilang agar terus belajar.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Masrul Kasmi kepada dewan hakim yang telah bekerja maksimal dalam memberikan penilaian objektif selama sepekan terakhir.

"Apresiasi juga saya berikan kepada Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi karena telah berhasil menyelenggarakan event besar dan berhasil membuat kemeriahan serta kemegahan dalam helatan MTQ ini. Semoga Kabupaten Indragiri Hulu dapat menjadi tuan rumah kembali pada MTQ tingkat Nasional yang akan datang," sebut Plt Gubernur Riau melalui Masrul Kasmi.

Diketahui, MTQ XLI tingkat Provinsi Riau di Kabupaten Inhu memperlombakan 10 cabang yang diikuti oleh kafilah utusan 12 kabupaten/kota se-Provinsi Riau. Berdasarkan surat Keputasan Dewan Hakim MTQ XLI Tingkat Provinsi Riau tahun 2023 nomor: kpts. 07/DH/MTQ-XLI/R/XI/2023 tanggal 17 November 2023 penetapan juara umum peringkat MTQ XLI tingkat Prov Riau, urutan pertama Bengkalis dengan nilai 82, kedua Kota Pekanbaru dengan nilai 64, Rokan Hilir dengan nilai 53, Indragiri Hilir dengan nilai 42, Kota Dumai dengan nilai 39, Kampar dengan nilai 37, Pelalawan dengan nilai 36, Rokan Hulu dengan nilai 23, Kepulauan Meranti dengan nilai 21, Indragiri Hulu dengan nilai 20, Kabupaten Siak dengan nilai 20, dan Kuantan Singingi dengan nilai 17.

Piala juara umum diserahkan langsung oleh Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi SE selaku tuan rumah MTQ Tingkat Provinsi Riau kepada Asisten Pemerintahan dan Kesra Provinsi Riau, Masrul Kasmi dan kemudian diserahkan kepada Wakil Bupati Bengkalis H Bagus Santoso selaku juara umum.

Sementara itu untuk pemenang stan bazar di MTQ tingkat Provinsi Riau harapan 3 diraih Kuantan Singingi, harapan 2 Bengkalis, harapan 1 Indragiri Hilir, peringkat 3 Siak, runner-up Rokan Hulu, dan juara 1 pameran stan bazar diraih Kabupaten Pelalawan. 
Untuk pemenang lomba pawai ta'aruf harapan 2 diraih Kota Pekanbaru, harapan 1 Kabupaten Siak, peringkat 3 Kuantan Singingi, runner-up Rokan Hulu, dan juara 1 diraih Kabupaten Rokan Hilir.

Selanjutnya MTQ Tingkat Provinsi Riau ditutup dengan penyerahan bendera LPTQ oleh Bupati Inhu kepada Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi Riau, Masrul Kasmy yang kemudian diserahkan kepada Wali Kota Dumai sebagai calon tuan rumah MTQ Tingkat Provinsi Riau tahun 2024.(advetorial)

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index