70 Pendaki Dilaporkan di Puncak Gunung Marapi Saat Erupsi

70 Pendaki Dilaporkan di Puncak Gunung Marapi Saat Erupsi
Internet_

Riaukarya.com - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat menyebut 70 pendaki tengah berada di puncak Gunung Marapi saat gunung itu mengalami erupsi siang tadi. Sebelumnya para pendaki itu menaiki Gunung Marapi pada Sabtu (2/12) lalu di dua pos yang dikelola oleh BKSDA Sumbar.
Plh Kepala BKSDA Sumbar, Dian Indriati, menyebut 70 pendaki itu menaiki Gunung Marapi melalui jalur Batu Palano dan Koto Baru yang berada di Kabupaten Agam. Untuk saat ini para pendaki menurut Dian sebagian masih dalam tahap evakuasi oleh tim gabungan serta masyarakat setempat. Saat ini 28 pendaki diketahui sudah turun.

"Total ada 70 orang berada di Gunung Marapi saat erupsi. Rinciannya 57 orang itu masuk melalui jalur Batu Palano. Sementara untuk Koto Baru ada 13 orang, untuk di sini semuanya sudah turun. Sementara pendaki dari jalur Batu Palano sebagian sudah turun, dan sebagian lagi masih dalam evakuasi tim gabungan," katanya pada detikSumut, Minggu (3/12/2023).

Terkait adanya korban jiwa dari insiden erupsi Gunung Marapi ini, Dian belum dapat menjelaskan. Namun menurutnya saat ini jalur pendakian ke Gunung Marapi sudah ditutup. Ditutupnya jalur pendakian ini berkaitan Gunung Marapi berstatus level 2 (waspada).

"Saat ini Gunung Marapi waspada. Jadi kami menutup semua aktivitas ke Gunung Marapi. Baik kegiatan masyarakat ataupun pendaki,"ungkapnya.

"Masyarakat dan pendaki dilarang mendekati radius 3 kilometer area Gunung Marapi. Hal ini berkaitan status dia waspada," sambungnya.

Sebelumnya diberitakan, Gunung Marapi yang terletak di wilayah Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar, mengalami erupsi siang tadi. Erupsi itu terjadi pada pukul 14:54 WIB. Dampak erupsi Gunung Marapi, wilayah Kabupaten Agam, Kabupaten Tanah Datar dan Kota Bukittinggi mengalami hujan abu vulkanik.

Sementara, PVMBG Pos Pengamatan Gunung Marapi menyebut durasi letusan Gunung Marapi terjadi selama selama 4 menit 41 detik. Ketinggian dari erupsi ini mencapai 30 mm.**

#RiauKarya.com

Index

Berita Lainnya

Index