Deklarasi, Ramdana Ajak Anggota PWI Tegakkan Kode Etik Jurnalistik

Deklarasi, Ramdana Ajak Anggota PWI Tegakkan Kode Etik Jurnalistik
Ramdana bakal calon Ketua PWI Inhu periode 2024-2027

INHU - Kalau tidak ada aral melintang, calon ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) - Riau, Ramdana Yudha akan melakukan deklarasi, deklarasi dilaksanakan Minggu (3/11/2023) di Pematang Reba. Ramdana merupakan wartawan sejak tahun 2015 menjadi anggota PWI dan konsisten taat kepada Kode Etik Jurnalistik.

Tim pemenangan Ramdana Yudha Kusdianto menjelaskan, deklarasi dimaksudkan untuk memberikan kepastian kepada wartawan di Inhu kalau Ramdana Yudha siap bertarung untuk mewujudkan PWI Inhu Hebat anti berita hoax.

"Kita yakin Ramdana Yudha mampu membenahi organisasi profesi ini di Inhu, kita yakin juga kalau Ramdana Yudha akan merangkul semua pihak khusunya anggota PWI di Inhu," ujar wartawan senior Kusdianto.

Berdasarkan persiapan, deklarasi Ramdana Yudha maju sebagai calon ketua PWI Inhu periode 2023-2027 mengundang segenap insan pers yang bertugas di Kabupaten Inhu, sejumlah tokoh politik dan tokoh masyarakat yang mendukung kebebasan pers dijadwalkan juga hadir.

Senada, Sekretaris PWI Inhu Moh Rouf Azizi menyatakan mendukung kawan-kawan yang memenuhi syarat menjadi calon anggota PWI, namun demikian dia menyampaikan kalau saat ini sedang non aktif sebagai sekretaris PWI Inhu dikarenakan mengikuti pemilu legislatif dari partai Nasdem dapil 4 (Kec. Kelayang, Peranap, Batang Peranap).

"Bang Ramdana bagus, saya dapat kabar kalau Pak Kasmedi juga sangat layak kembali memimpin PWI Inhu. Siapapun yang memimpin PWI Inhu harapanya adalah tentang peningkatan profesional wartawan dan mematuhi kode etik jurnalistik," ujar Azizi dengan nada lembut.

Sebagaimana diketahui, Ramdana Yudha merupakan wartawan berkompetensi Madya ini bekerja pada koran harian Vokal, Ramdana Yudha menjadi wartawan dan sebagai anggota PWI sejak tahun 2015.

Sementara itu, calon ketua PWI Inhu Ramdana Yudha menjelaskan, dirinya siap bersama-sama wartawan anggota PWI Inhu untuk menegakkan kode etik profesi wartawan di Inhu.

"Setiap profesi punya kode etik, wartawan punya Kode Etik Jurnalistik. PWI Inhu akan menjaga kode etik jurnalistik dalam menjalankan profesi sebagai wartawan," ujar Ramdana.

Disampaikan juga, wartawan atau yang mengaku wartawan di Inhu diduga masih banyak yang belum menjalankan tugas jurnalistik berbasis kode etik. "Kita di PWI Inhu bisa memantaskan diri untuk menjadi wartawan profesional," ujar Ramdana. 

Seabagai informasi, Konferensi PWI Inhu akan dilaksanakan pada Selasa 5 Desember 2023 di Hotel Rafana Pematang Reba.(rilis)

 

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index