4 Amalan Malam Jumat Anjuran Rasulullah

4 Amalan Malam Jumat Anjuran Rasulullah
Internet_

Riaukarya.com - Malam jumat menjadi malam yang istimewa bagi umat muslim. Pada malam itu pemeluk agama Islam memperbanyak amalan ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Berdasarkan kalender hijriah, malam Jumat dihitung dari Kamis petang saat matahari terbenam. Dikutip dari berbagai sumber, ada banyak sunah Rasul untuk malam jumat sebagaimana yang dijelaskan dalam Hadis Riwayat (HR) Baihaqi yang artinya:

"Apakah kalian tidak sanggup berhubungan badan dengan istri kalian pada setiap hari Jumat. Hubungan badan dengan istri di hari Jumat mengandung dua pahala: pahala mandinya sendiri dan pahala mandi istrinya. (HR Baihaqi).

Sebenarnya, amalan pada malam Jumat tidak sebatas pada berhubungan suami istri itu saja, melainkan ada beberapa amalan lainnya sebagai berikut:

1. Membaca Surah Al-kahfi saat Malam Jumat

Amalan pertama yaitu membaca surat Al-kahfi (Ashabul Kahf) yang merupakan surah ke-18 dalam Alquran. Di surah ini terdapat 110 ayat serta tergolong sebagai surat Makkiyah.

Membaca surah Al-kahfi saat Kamis malam dan hari Jumat menjadi amalan yang sudah cukup terkenal. Sebab, dengan membacanya memberi berkah akan mendapat perlindungan dari fitnah Dajjal.

2. Membaca Yasin Malam Jumat adalah Sunnah Rasulullah

Saat malam Jumat masyarakat telah membiasakan diri untuk Yasinan (membaca Yasin berjemaah) di lingkungan masing-masing. Berkah yang bisa diperoleh ketika mengamalkan Yasin di malam Jumat, baik sendiri maupun berjemaah adalah permintaan dikabulkan.

3. Membaca Salawat kepada Rasulullah

Salawat kepada Rasulullah, keluarga, dan sahabatnya merupakan ibadah yang sangat dianjurkan untuk umat nabi. Namun, pada malam Jumat dan hari Jumat, sebaiknya memperbanyak jumlah bacaan salawat tersebut daripada hari-hari biasanya.

Berkah membaca selawat di antaranya mendapat syafaat kelak pada hari kiamat, memperoleh kedudukan yang dekat dengan Rasulullah, serta berbagai ampunan atas kesalahan-kesalahan di masa lalu.

4. Salat Sunah Dua Rakaat

Menyambut hari Jumat yang disebut juga sebagai sayyidul ayyam atau hari yang terhomat dalam sepekan. Pada malamnya sangat dianjurkan menunaikan ibadah salat sunah. Ketika seseorang mengerjakan salat sunnah dengan ikhlas pada malam Jumat, ia akan mendapat banyak berkah dari Allah SWT. Kemudian disarankan saat membaca surat pendek, yaitu Al-Zalzalah.**

#Religi

Index

Berita Lainnya

Index