Puluhan Ribu Masyarakat Saksikan Pembakaran Replika Kapal Tongkang

Puluhan Ribu Masyarakat Saksikan Pembakaran Replika Kapal Tongkang
Puluhan ribu masyarakat baik wisatawan mancanegara maupun lokal memadati acara puncak ritual bakar tongkang. Replika kapal tongkang mulai di arak dari Kelenteng In Hok King menuju lokasi pembakaran di Jalan Perniagaan, Selasa (4/7/2023). (Riaukarya.com)

ROHIL - Puluhan ribu masyarakat baik wisatawan mancanegara maupun lokal memadati acara puncak ritual bakar tongkang. Replika kapal tongkang mulai di arak dari Kelenteng In Hok King menuju lokasi pembakaran di Jalan Perniagaan, Selasa (4/7/2023).

Arak-arakan replika kapal tongkang tersebut secara langsung diikuti Gubernur Riau Drs H Syamsuar MSi, Anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan, Katim Sumatera Wilayah I Kemenparekraf, Danrem 031/WB, Kapolda Riau diwakili Waka Polda Riau Brigjen Pol Drs Kasihan Rahmadi SH MH, Dansat Brimob Polda Riau Kombes Pol Ronny Lumban Gaol SIK, Bupati Rohil Afrizal Sintong SIP, Wabup Rohil H Sulaiman SS MH.

Kemudian Ketua DPRD Rohil Maston, Dandim 0321 Rohil, Kajari Rohil, Kapolres Rohil AKBP Andrian Pramudianto serta berbagai unsur lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Rohil Afrizal Sintong mengatakan, bahwa Festival Bakar Tongkang ini telah masuk di kalender nasional sebagai salah satu wisata yang terdapat di Provinsi Riau. Iven budaya warisan leluhur masyarakat Tionghoa ini mampu mendatangkan puluhan ribu wisatawan setiap tahunnya ke Negeri yang berjuluk Seribu Kubah itu.

Wisata Bakar Tongkang atau dikenal dengan perayaan ulang tahun Dewi Ki Hu Ong Ya ini tujuannya adalah untuk menentukan arah rezeki bagi masyarakat Tionghoa. Disisi lain, pembakaran tongkang ini juga bertujuan supaya kapal yang dibuat semegah itu agar tidak bisa membawanya pulang ke kampung asalnya.

"Iven Festival Bakar Tongkang ini sudah mendunia, dan ini merupakan salah satu aset yang dimiliki oleh Pemkab Rohil. Ritual ini setiap tahunnya membuat Kota Bagansiapiapi dipenuhi lautan manusia," kata Afrizal.

Pelaksanaan Festival Bakar Tongkang ini, lanjut Afrizal Sintong, setiap tahunnya terlaksana berkat kekompakan Etnis Tionghoa dan pemkab Rohil serta campur tangan dari pengusaha sukses, Sugianto alias Raja Baut.

"Semuanya ini tentunya telah kita persiapkan sejak lama, sehingga acara ini bisa berjalan sukses seperti yang kita lihat sekarang," katanya.

Bupati menjelaskan tentang acara Bakar Tongkang yang telah berhasil menarik minat wisatawan domestik maupun mancanegara.

Prestasi yang diraih oleh acara tersebut tak lepas dari kerjasama yang erat antara seluruh unsur Forkopimda dan elemen masyarakat. Acara tersebut berjalan dengan lancar dan sukses berkat sinergi yang baik diantara mereka.

Bupati juga mengatakan, bahwa kehadiran warga Tionghoa dalam acara ini telah memberikan dampak positif bagi ekonomi lokal, terutama dalam sektor perhotelan yang kini penuh sesak. "Ini sungguh luar biasa!" ujarnya.

Tepat Pukul 17.00 WIB, Bupati Rohil Afrizal didampingi Wakil Bupati Rohil H Sulaiman, Kadispora Riau, sejumlah anggota DPRD Rohil, Sugianto alias Raja Baut, dan pejabat penting lainnya menaiki replika kapal tongkang dengan menyapa puluhan ribu wisatawan yang ada di lokasi pembakaran replika kapal tongkang.

Lebih kurang 30 menit, replika tongkang itupun habis terbakar. Dimana detik-detik yang ditunggu oleh masyarakat Tionghoa pun tiba, kedua tiang tongkang jatuh kearah laut yang menandakan kalau rezeki tahun 2023 ini lebih banyak kelaut. 

#Nasional

Index

Berita Lainnya

Index