Wakili Bupati Inhu, Hendrizal Terima Exit Meeting Bersama BPK RI Perwakilan Riau

Wakili Bupati Inhu, Hendrizal Terima Exit Meeting Bersama BPK RI Perwakilan Riau

INHU - Wakili Bupati Indragiri Hulu, Sekretaris Daerah Kabupaten Indragiri Hulu Ir. H. Hendrizal. M. Si, menerima Exit Meeting dari Tim Badan Pemeriksaan Kauangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Riau atas Audit Pembangunan Desa Terpadu pada Pemerintahan Kabupaten Indragiri Hulu, Kamis (16/11/2023) di ruang Narasinga lt. II Kantor Bupati.

Ketua Tim BPK perwakilan provinsi riau Ketua tim BPK, Elga Syahreta, SE. M. Ak menyampaikan bahwa ada 12 catatan pemeriksaan selama lebih kurang 1 bulan terkait penguatan lembaga desa diantaranya yaitu, upaya Pemkab Inhu dalam penguatan pemerintahan desa belum sepenuhnya disukung dengan regulasi yang lengkap, SDM yang berkapasitas, dan pendampingan yang optimal yang mengakibatkan pemdes belum memiliki acuan peraturan pemda untuk menyusun peraturan desa selain peraturan desa tentang RKB dan APBDes.

Kedua yaitu Pemkab Inhu belum melakukan pembinaan dan pengawasan kepada lembaga pemasyarakatan desa dan lembaga adat desa untuk optimalisasi tugas dan fungsi LKD dan LAD dalam perencanaan dan pelaksanaan pembangunan desa.

Ketiga, Pemkab Inhu belum melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap musyawarah desa agar pelaksanaannya berjalan sesuai dengan ketentuan dan berlangsung secara demokratis dan melahirkan keputusan yang berpihak pada masyarakat.

Selanjutnya Pemkab Inhu belum melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pelaksanaan kerjasama desa dan peningkatan kapasitas lembaga kerjasama desa. Kelima Pemkab Inhu belum memiliki regulasi dan kebijakan yang lengkap terkait pengendalian penggunaan dana desa untuk pembangunan desa terpadu.

Elga juga mengatakan semua temuan pemeriksaan tersebut akan ada rekomendasinya, namun rekomendasi pada hari ini belum ada karena yang ada baru sebab dan akibat untuk nanti penyebab-penyebabnya tersebut akan di rekomendasikan agar mendapatkan solusi atas permasalahan.

Sebelum menutup sambutannya, Elga juga menyampaikan timnya akan terus mengoreksi secara berjenjang dan meminta Pemkab Inhu tetap bekerjasama terkait dokumen-dokumen dan keterangannya agar bisa menyempurnakan apa yang telah timnya hasilkan selama lebih kurang satu bulan kemarin.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Indragiri Hulu, Hendrizal  didampingi oleh kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat & Desa, Roma Doris, menyampaikan atas nama Pemkab Inhu mengucapkan terimakasih kepada ketua tim BPK perwakilan provinsi Riau beserta rombongan terhadap pembinaan dan pemeriksaan tersebut, berharap kedepan akan menjadi acuan di Pemkab Inhu.

Terkait penguatan-penguatan yang belum dilaksanakan terutama pada produk-produk unggulan desa, Sekda mengimbau kepada camat serta dinas terkait untuk menyampaikan terkait 12 catatan pemeriksaan dari tim BPK tersebut.

Ia juga menghimbau kepada OPD terkait agar melaksanakan apa yang telah direkomendasikan oleh perwakilan tim BPK provinsi Riau terkait laporan tersebut.***

#Inhu

Index

Berita Lainnya

Index